AppsUpdate iOS 15.4 Bikin Boros Baterai?

Update iOS 15.4 Bikin Boros Baterai?

Technologue.id, Jakarta – Apple resmi luncurkan iOS 15.4 pada minggu lalu. Selain bawa fitur baru, ternyata update kali ini dilaporkan bawa masalah baru. Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa baterai iPhone mereka yang cepat habis, setelah lakukan update ke sistem operasi iOS 15.4.

Masalah ini juga terjadi untuk iPhone 13 Pro Max yang dikategorikan sebagai salah satu perangkat iPhone dengan kapasitas baterai terbesar. Beberapa pengguna seri iPhone 13 mengaku bahwa perangkat miliknya cuma mampu bertahan selama setengah hari setelah update. Meski begitu, masalah ini tidak dialami semua pengguna.

Baca Juga:
Apple Perbarui iOS 15.4, Pakai Masker Bisa Buka Face ID

Sebagian pengguna iPhone justru mengatakan hal yang sebaliknya. Bukannya terkuras habis, baterai iPhone mereka bahkan jadi lebih baik setelah pasang update iOS 15.4.

Namun, tidak sedikit dari pengguna yang menyampaikan keluhan mereka ke akun Twitter resmi Apple dengan handle @Apple dan @AppleSupport. Keluhan-keluhan tersebut turut disertai dengan tagar #Apple dan #ios15.4.

Menanggapi banyaknya keluhan yang banjiri akun perwakilan perusahaan, pihak Apple akhirnya angkat bicara. Lewat sebuah balasan yang ditujukan kepada akun @jawadaq, Apple menyampaikan bahwa masalah boros baterai yang dialami pengguna setelah pasang update iOS 15.4 adalah hal yang normal.

Pengguna disarankan untuk tunggu sampai 48 jam setelah lakukan update. Hal ini, menurut pihak Apple, aplikasi yang ada di ponsel perlu waktu untuk adaptasi dengan iOS 15.4. Dalam kurun waktu tersebut, baterai iPhone kemungkinan bakal cepat terkuras dan secara tiba-tiba jadi panas. Akan tetapi, hal tersebut dinyatakan normal dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

Sangatlah normal bagi aplikasi dan fitur untuk melakukan penyesuaian hingga 48 jam setelah pembaruan,” kata pihak Apple.

Baca Juga:
Apple Perbaiki Celah Keamanan pada iOS dan iPadOS 15.3.1

Saat update OS baru dipasang, umumnya ponsel bakal lakukan serangkaian tugas di background. Tugas-tugas ini termasuk kalibrasi baterai. Umumnya, dibutuhkan beberapa hari agar kalibrasi selesai.

Apple sendiri sudah rilis beberapa update software untuk lini perangkat Apple sejak pekan lalu. Adapun update tersebut mencakup update iOS 15.4, iPadOS 15.4, dan macOS 12.3. Di update iOS 15.4 ini, Apple hadirkan beberapa fitur-fitur terbaru seperti hadirnya 37 karakter emoji baru sampai dukungan adaptive triggers pada controller DualSense.

Related articles

Bug Jadi Kendala iOS 16 Molor

Technologue.id, Jakarta - Apple saat ini dilaporkan tengah menyiapkan...

Meluncur Tahun Ini, Bocoran Tanggal iPhone 14 Terungkap

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya terdengar rumor akan kehadiran...

Usung Teknologi Layar E-Ink, Begini Bocoran iPhone Layar Lipat

Technologue.id, Jakarta - Apple dikabarkan tengah menggarap iPhone layar...

Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Begini Fitur Barunya

Technologue.id, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan pembaruan sistem...

Harga dan Spesifikasi iPad Air 5 yang Resmi Rilis di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Setelah beberapa waktu menanti, akhirnya iPad...