Technologue.id, Jakarta – Saat USB Type-C diperkenalkan setahun lalu, banyak vendor yang berlomba-loma untuk mengimplementasikannya, karena menawarkan kecepatan yang transfer mutakhir dibandingkan jenis connector sebelumnya. Hebatnya teknologi tersebut masih berkembang, dan kini membawa USB 3.2, yang memiliki kecepatan dua kali lipat lebih tinggi dari USB 3.0.

Dilansir dari PC Mag (31/7/2017), Grup Promotor USB 3.0 pada minggu kemarin mengumumkan jika pihaknya akan segera merilis spesifikasi dari USB 3.2. Versi terbaru USB tersebut diklaim mampu memaksimalkan kabel USB-C, dengan kecepatan transfer data hingga 10GBps per lane, sehingga total kecepatannya adalah 20Gbps atau 2GB/detik.

Tentu saja teknologi tersebut mengharuskan Anda untuk memiliki perangkat yang sesuai dengan USB 3.2. Dengan demikian, kecepatan yang hadir akan sesuai dengan apa yang ditulis pada keterangan diatas, tanpa harus memiliki perangkat kabel yang baru.

Ketua Grup Promotor USB 3.0, Brad Saunders menjelaskan, timnya mempersiapkan USB Type-C sebagai alat yang mampu dikembangkan hingga maksimal. “Saat kami memperkenalkan USB Type-C ke pasar, kami bermaksud memastikan kabel USB-C dan konektor USB yang bersertifikat SuperSpeed USB mampu mendukung kinerja USB yang lebih tinggi dari USB 3.0,” tuturnya.

Dari apa yang diucapkan oleh Brad, kabel USB-C yang telah ada saat ini langsung dapat menyajikan kecepatan transfer dari USB 3.2 ketika perangkat kerasnya telah diperkenalkan nantinya. Sehingga, pelanggan tidak perlu memiliki kabel USB-C baru.

Sayang, belum saat ini belum ada kabar mengenai perangkat yang akan mengimplementasikan USB 3.2.

Baca juga:

Psst.. Ada Kabel USB-C untuk iPhone Generasi Mendatang

Notebook Premium Acer Kini Hanya Pakai USB Type-C, Kenapa?

Mau Tes HIV? Pakai USB Ini Saja, Praktis!