Viral Batik “Iron Man Telok Ceplok” Kreasi Ridwan Kamil

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan desain batik hasil desainnya sendiri. Yang unik dari batik ini, Ia memberi nama batik Iron Man Telorceplok.

Melalui akun Twitter @ridwankamil, Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, membagikan kisah sukses dibalik batik hasil desainnya. Hal ini Kang Emil lakukan untuk membantu pengrajin batik Cirebon.

Baca Juga:
Viral Koboi Jalanan Duren Sawit, Acungkan Pistol ke Warga

“Batik yang saya desain ini saya namai Batik Iron Man Telorceplok, diniatkan menolong para pengrajin batik Cirebon. Ternyata alhamdulillah jadi favorit,” tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil membuat desain megamendung dengan pola circular. Ia juga menambahkan matahari yang dikelilingi 8 kujang kencana pada desain batiknya itu.

Siapa sangka ternyata batik karya Ridwan Kamil tersebut sukses di pasaran. Ribuan kemeja batik laku keras di pasaran dan menjadi salah satu batik favorit. Kini, batik hasil desainnya itu sudah laku terjual lebih dari 2.500 potong pakaian dan terjual kain pola sebanyak 6.000 yard.

“Senang mendengar kabar laku keras dan bisa menghidupi para pengrajin batik di Cirebon,” ungkapnya.

Meski Ridwan Kamil telah memberikan nama batik Iron Man Telorceplok, para pengrajin tidak menggunakan nama pemberian tersebut. Mereka justru memiliki sebutan sendiri untuk menamai batik yang didesain langsung oleh mantan Wali Kota Bandung itu.

“Oleh para pengrajin cerita itu terlalu rumit. Mereka menamai batik ini batik RK, gitu saja katanya. Yo wis ben,” tuturnya.

Ridwan Kamil membuka peluang kerjasama desain batik dengan UKM batik lainnya di daerah lain. Ia bersedia untuk membuatkan desain batik untuk para UKM lain guna membantu para pengrajin batik nusantara.

“Silakan UKM merek batik-batik yang lain jika mau kolaborasi dengan saya. Buat apa ilmu dan power of viral jika tidak dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

- Advertisement -

Latest News

Kebijakan Baru WhatsApp Segera Berlaku, Simak Lagi Poinnya

Technologue.id, Jakarta - Persyaratan baru dan kebijakan privasi WhatsApp akan berlaku mulai 15 Mei 2021. Pengguna yang ingin menggunakan aplikasi setelah tanggal...

Stok Langka, Sony Bakal Hadirkan PlayStation 5 Modifikasi

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 menjadi salah satu konsol yang paling diminati. Bahkan berhasil menjadi konsol dengan penjualan tercepat...

Twitter Jajal Tip Jar, Fitur Kirim-kirim Uang

Technologue.id, Jakarta - Twitter melakukan uji coba fitur Tip Jar pada aplikasinya yang ada di Android dan iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna...

Clubhouse Versi Android Dirilis

Technologue.id, Jakarta - Clubhouse mulai ditinggalkan oleh pengguna iOS. Untuk menggaet pengguna dari platform lain, aplikasi media sosial berbasis video itu akhirnya...

Telkomsel Luncurkan Program UMKM Surakarta Go Digital

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel melakukan kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta dalam menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital. Senior Vice...

Related Stories