Technologue.id, Jakarta – Snapdragon 855 Plus bukan satu-satunya chipset mobile berbasis 5G yang mulai diadopsi oleh banyak vendor smartphone. Ke depannya, Exynos, chipset buatan Samsung pun bakal segera tertanam pada sebuah smartphone. Dan yang pertama yang mengadopsinya adalah vivo.

Mengutip dari SamMobile (24/09/19), Samsung dikabarkan baru saja mengonfirmasi bahwa vivo akan menjadi salah satu perusahaan yang mengadopsi chipset Exynos 980 yang dilengkapi dengan modem 5G. Sebelumnya, Samsung sendiri sudah sempat memperkenalkan keberadaan Exynos 980 pada beberapa minggu lalu.

Di sisi lain, vivo juga sudah menegaskan bahwa mereka sedang mengerjakan sebuah smartphone yang akan dilengkapi prosesor mobile buatan Samsung dan sudah terintegrasi dengan modem 5G. Namun sayangnya, hingga saat ini vivo masih enggan untuk memberikan rincian dari rencananya tersebut.

Samsung Exynos 980 sendiri menggunakan proses produksi FinFET 8nm serta dilengkapi dengan prosesor dual-core Cortex-A77 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz. Bersamaan dengan itu, ada juga pemroses grafis Mali-G76 MP5.

Dengan terintegrasinya modem 5G dalam satu chipset, vendor smartphone bisa mengirit konsumsi daya cukup banyak. Tak cuma itu, tata ruang di dalam sebuah perangkat smartphone pun menjadi lebih ringkas.