Vivo V1, Chip Kamera Produksi Sendiri

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Vivo resmi menghadirkan prosesor kamera (ISP) buatannya sendiri yang pertama. Diberi nama Vivo V1, chipset in house ini sebelumnya melewati masa pengembangan selama dua tahun.

Vivo V1 sendiri merupakan Custom imaging chip yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan fotografi di ponsel-ponsel Vivo. V1 akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan “mengoptimalkan skenario aplikasi smartphone seperti tampilan viewfinder dan perekaman video”.

Baca Juga:
Vivo Y21 Rilis, Andalkan Prosesor Helio

Vivo tidak menjabarkan kemampuan ataupun spesifikasi teknis dari V1. Namun, V1 diklaim sebagai pencapaian baru Vivo dalam hal R&D dan desain chip.

Soal ukuran, dilaporkan Vivo V1 bakal lebih mungil ketimbang chipset anyar Snapdragon 888.

Dilansir dari GSMArena (4/9/2021), Saat ini Vivo V1 sedang dirancang dan diproduksi di pabrik vivo. Sementara chip generasi kedua mungkin sedang dalam pengembangan.

Setidaknya itulah yang diisyaratkan oleh Hu Baishan dari vivo, menjelaskan bahwa seluruh proses R&D empat tahap untuk V1 dimulai dua tahun lalu dan melibatkan lebih dari 300 orang dari tim riset. Itu termasuk merancang algoritma pemrosesan gambar, merancang chip itu sendiri, hingga packaging dan output.

Baca Juga:
Vivo X70 Pro Mejeng di TENAA, Begini Spesifikasinya

Dengan gebrakan baru Vivo hadirkan prosesor kamera buatannya sendiri ini akan menjadi proyek yang akan ditiru beberapa produsen ponsel untuk mendukung performa kamera yang dimiliki ponsel buatan mereka.

Prosesor V1 akan debut di lini ponsel X70 yang rencananya akan meluncur pada bulan September 2021. Chip V1 diperkirakan hanya akan disematkan di X70 Pro Plus yang menjadi model teratas.

Lini smartphone Vivo X70 sendiri diprediksi bakal terdiri dari tiga model, yakni X70 reguler, X70 Pro, dan X70 Pro Plus.

Seperti lini X60 sebelumnya, jajaran Vivo X70 kabarnya akan fokus pada kemampuan foto dan video lewat kerjasama dengan pabrikan kamera Zeiss.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories