Waduh, 7 Aplikasi VPN Ini Bocorkan Data Penggunanya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebanyak tujuh layanan VPN gratis telah membocorkan data pribadi para penggunanya. Hal ini diungkap oleh tim peneliti dari VPNMentor baru-baru ini.

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah UFO VPN, FAST VPN, Free VPN, Super VPN, Flash VPN, Secure VPN, dan Rabbit VPN. Seluruhnya tersebar di toko aplikasi baik Play Store dan AppStore.

Masing-masing aplikasi ada yang telah di download sebanyak 10 ribu hingga 10 juta kali. Dikatakan bahwa kebocoran data ini menimpa lebih dari 20 juta pengguna, dilansir dari Android Police (22/7/202).

Baca Juga:

Malware BlackRock Ancam 377 Aplikasi Android


Menurut VPNMentor, total informasi pribadi yang bocor memiliki ukuran mencapai 1,207 TB. Sebanyak 894GB-nya dibocorkan oleh UFO VPN yang bermarkas di Hong Kong.

Data-data yang bocor pun beragam. Ada kata sandi akun, sesi VPN rahasia dan token, alamat IP perangkat dan server klien, hingga sistem operasi yang digunakan.

Dalam beberapa kasus, VPNMentor bahkan menemukan log berisi aktivitas di server yang meliputi nama, alamat email, alamat rumah, hingga data mengenai transaksi Bitcoin.

Baca Juga:

Ada Joker di 11 Aplikasi Android, Bisa Bikin Kantong Jebol

VPNMentor menyebut ketujuh aplikasi ini dibuat oleh pengembang yang sama. Sayangnya hanya satu aplikasi yang berhasil ditarik dari toko aplikasi oleh Google dan juga Apple.

Dua raksasa teknologi itu pun hingga saat ini belum memberikan konfirmasi. Bagi Anda yang memang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan untuk segera menghapusnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories