Waduh, Ada Crypto-Miner di Iklan YouTube!

Technologue.id, Jakarta – Praktik pembajakan device untuk crypto-mining semakin lazim saja. Setelah ditemukan kasus mining tersembunyi di situs-situs populer di luar negeri termasuk di Indonesia hingga adanya malware di Facebook Messenger, kini telah ditemukan sebuah kode JavaScript yang bersembunyi di iklan Google yang kebanyakan muncul di YouTube.

“Kami mendeteksi peningkatan miner Coinhive sebanyak hampir 285 persen pada 24 Januari,” ungkap para peneliti Trend Micro dalam blog resmi mereka (26/01/2018). “Setelah meneliti traffic jaringannya, kami menemukan bahwa traffic itu datang dari iklan DoubleClick.”

Baca juga:

Awas, Ada Dua Aplikasi Dompet Cryptocurrency Palsu di Play Store!

Coinhive, kode JavaScript yang jadi biang keladi serangan ini, didesain oleh Monero. Cryptocurrency tersebut adalah favorit para kriminal online karena memiliki fitur privasi yang lebih dibanding cryptocurrency lain.

Baca juga:

Browser Ini Klaim Bisa Halau Bitcoin Miner

Serangan ini memang membuat korban tak merasa menjadi korban, karena efek serangannya tak signifikan. Perangkat korban hanya mengalami peningkatan kinerja CPU menjadi 80 persen saja di kala script ini berjalan. Namun tetap saja, crypto-mining bukanlah benefit yang diincar para netizen.

Baca juga:

Hati-hati Malware Mining Berkeliaran di Facebook Messenger!

Google sendiri mengaku telah mengambil langkah untuk mengantisipasi serangan ini. Kepada TheRegister.co.uk (27/01/2018), perwakilan penguasa search engine itu menyatakan penambangan cryptocurrency lewat iklan melanggar kebijakan mereka, walaupun hal ini termasuk temuan baru. Google juga berkomitmen untuk memonitor serangan ini secara aktif dan melakukan pemblokiran secepatnya saat menemukan di platformnya.

 

Latest News

Nuansa Papua Hadir di Google Doodle

Technologue.id, Jakarta - Nuansa Papua hadir di Google Doodle hari ini, Jumat (4/12/2020). Mulai dari Noken, rumah adat Honai, hingga pegunungan Jayawijaya.

Apple App Store Umumkan Pemenang Best of 2020

Technologue.id, Jakarta - Di ujung tahun 2020, semakin banyak yang berikan penghargaan untuk game terbaik yang rilis sepanjang tahun ini. Apple sendiri...

Gandeng Content Kreator dan Brand Lokal, Smartfren Bikin WowLabs

Technologue.id, Jakarta - Smartfren resmi luncurkan platform kokreasi bernama WowLabs. Platform ini dibuat khusus sebagai wadah untuk tingkatkan semangat kolaborasi para pelaku industri...

Ini List Smartphone Premium Terbaik 2020

Technologue.id, Jakarta - Sepanjang 2020 berbagai vendor membawa smartphone andalan mereka dengan berbagai inovasi terbaru ke pasar Indonesia. Kondisi pandemi tidak menyurutkan...

M-Banking BCA Error, Warganet Keluhkan Lampu Indikator Merah Terus

Technologue.id, Jakarta - Warganet mengeluhkan aplikasi BCA mobile mereka bermasalah. Keluhan ini sudah menjadi perbincangan yang hangat sehingga menjadi topik terpopuler di...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here