Technologue.id, Jakarta – Entah karena memang spesifikasi dan fiturnya yang terinovatif atau besarnya pengaruh Apple sebagai brand sehingga bisa meningkatkan nilai jualnya di konsumen, iPhone X tak bisa dipungkiri adalah salah satu ponsel terlaris di dunia saat ini. Padahal, price tag untuk ponsel yang kemampuan kameranya banyak diapresiasi itu di sini mencapai Rp17 sampai Rp20 jutaan.

Laporan terbaru dari Strategy Analytics membuktikan hal tersebut. Pada kuartal pertama 2018, mereka mencatat ada lebih dari 345 juta unit smartphone yang dikapalkan dan 16 juta di antaranya adalah iPhone X. Gadget 5,8 inci tanpa tombol home itu hanya bisa dikejar oleh para kompatriotnya sendiri, yakni iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone 7, dengan perolehan masing-masing 12,5 juta, 8,3 juta, dan 5,6 juta.

Baca juga:

iPhone X Miliki Kamera Terbaik, Samsung, Google, dan Vendor China Apa Kabar?

Catatan cantik iPhone X ini diprediksi akan tetap berlanjut pada Q2 mendatang. Strategy Analytics juga mencatat kalau sejak di-launching November 2017 lalu, Apple telah menjual hampir 50 juta iPhone X.

“Untuk kuartal kedua, iPhone X tetap ponsel paling populer di dunia secara keseluruhan, berkat perpaduan desain yang apik, kamera canggih, ekosistem aplikasi yang lengkap, dan luasnya ritel menyebar perangkat itu,” kata Juha Winter, Senior Analyst Strategy Analytics (03/05/2018).

Baca juga:

Ini Daftar Harga iPhone 8 dan iPhone X Resmi di Indonesia

Kendati demikian, jumlah penjualan iPhone X pada Q1 2018 masih di bawah prediksi analis yang yakin iPhone X akan sukses di pasaran. Loop Capital, perusahaan analis asal Chicago, akhir tahun lalu menduga Apple bakalan mampu menjual 40 sampai 45 juta unit iPhone X pada Q1 2018. Namun nyatanya versi Strategy Analytics, jumlahnya tak sampai setengah dari 40 juta unit.

Baca juga:

Mending Keluar Modal Dikit Biar Notch iPhone X Anda Makin Keren!

Sementara itu, melengkapi daftar lima besar ponsel pintar terlaris global, adalah Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy S9 Plus. Kisaran penjualan mereka sedari Januari sampai Maret 2018 masing-masing hanya sepertiga iPhone X.