Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Wattpad Umumkan Program Creator yang Ditingkatkan dan Lebih Mudah Diakses
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Platform mendongeng Wattpad sedang melakukan perbaikan pada program creator-nya dan membuatnya lebih mudah diakses oleh penulis, demikian perusahaan tersebut mengumumkan pada hari Kamis.

Program Pembuat Wattpad, yang diluncurkan tahun lalu, memiliki skala terbatas dan dianggap "terlalu rumit" oleh perusahaan. Sejak diluncurkan, Wattpad telah membayar gaji hampir $3,8 juta melalui program ini.

Untuk sisa tahun ini, Wattpad berencana membayar lebih dari $1 juta. Perubahan besar pada program ini adalah penghapusan tingkatan yang berbeda berdasarkan tujuan penulis.

Baca Juga:
Perkuat Webtoon, Naver Akuisisi Wattpad

Dalam versi terbaru, Wattpad mengganti tingkatan program dengan persyaratan yang berbeda menjadi satu tingkat dan pengalaman yang sama untuk semua penulis yang tergabung dalam program.

Perusahaan yang berbasis di Toronto ini berharap perubahan ini akan memudahkan penulis untuk fokus pada tulisan mereka tanpa harus memikirkan tingkat yang harus dicapai.

Agar memenuhi syarat untuk program ini, seorang penulis harus berkomitmen untuk menulis minimal 500 kata per minggu dan memiliki setidaknya satu cerita panjang novel yang lengkap dengan 50.000 kata atau lebih dalam katalognya.

Selain itu, penulis harus memiliki setidaknya satu cerita dalam genre tertentu yang telah mencapai jumlah Pembaca Terlibat minimum.

Wattpad menghitung Pembaca Terlibat sebagai seseorang yang telah menghabiskan lebih dari lima menit membaca sebuah cerita dalam 365 hari terakhir. Jumlah Pembaca Terlibat yang dibutuhkan bervariasi, mulai dari 9.000 untuk fiksi umum hingga 100 untuk genre horor.

Walaupun program baru ini saat ini hanya tersedia melalui undangan, Wattpad berharap dengan adanya perubahan persyaratan ini akan memungkinkan mereka untuk mengundang lebih banyak penulis. Perusahaan juga mencatat bahwa program ini memberi penulis opsi untuk menjeda dan melanjutkan partisipasi mereka.

Nick Uskoski, kepala Pengembangan Konten dan Pencipta Wattpad, mengatakan kepada TechCrunch melalui email bahwa perusahaan telah menghilangkan beberapa hambatan agar lebih banyak penulis dapat bergabung dalam program ini.

Program awalnya hanya terbuka untuk beberapa ratus penulis dan menawarkan tunjangan saat pendaftaran. Kriteria tunjangan bervariasi tergantung pada tingkat penulis dalam program tersebut.

Dalam program baru, perusahaan beralih ke model yang menawarkan tunjangan untuk penulis yang menunjukkan inisiatif tertentu dalam menulis.

Wattpad juga memberikan penekanan yang lebih besar pada pendidikan dan pembinaan penulis melalui program kreator yang diperbarui.

Versi asli program ini menawarkan tunjangan kepada penulis yang memiliki pengalaman lebih banyak atau telah menerbitkan karya lebih banyak. Namun, dalam program yang diperbarui, semua penulis akan memiliki akses ke sumber daya ini.

Seluruh penulis yang tergabung dalam program ini akan mendapatkan akses ke alat tanggapan editorial Wattpad, yang memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan kepada tim editorial internal perusahaan.

Penulis juga akan mendapatkan akses ke alat dan sumber daya baru yang akan membantu mereka dalam pengembangan tulisan, serta pelatihan editorial langsung dan sesi konsultasi.

Baca Juga:
Platform Wattpad Memberhentikan 15% Karyawan Akibat Dampak Ekonomi

Selain itu, penulis juga akan diundang untuk menghadiri pertemuan triwulanan di mana perusahaan akan berbagi informasi mengenai membangun karier di Wattpad.

Program baru ini juga akan menawarkan inisiatif penulisan jangka pendek untuk mendorong konten baru dalam genre-genre yang diinginkan oleh Wattpad.

Salah satu inisiatif tersebut adalah proyek "Intensif Menulis" selama setahun, yang akan memberikan uang saku kepada penulis untuk menerbitkan bab baru dengan jadwal mingguan yang telah ditentukan.

SHARE:

Microsoft Sediakan Recovery Tool Gratis Atasi Update CrowdStrike

Iqbaal Ramadhan Bantu IM3 Pasarkan Paket Internet Mulai Rp 15 Ribu