Technologue.id, Jakarta – WhatsApp akhirnya menggulirkan fitur dark mode atau mode gelap bagi smartphone Android. Namun perlu diketahui, dukungan ini hanya tersedia untuk pengguna beta saja.

Dark Mode merupakan salah satu fitur yang banyak ditunggu pengguna. Dengan fitur ini pengguna bisa menghemat daya baterai dan mereduksi cahaya pada layar sehingga tidak terlalu menyakiti mata.

Baca Juga:
WhatsApp Mulai Berbayar Tahun Ini

Sayangnya, karena masih terbatas, fitur ini hanya bisa diakses oleh beberapa kalangan pengguna Beta lebih dulu sebelum WhatsApp merilis fitur ini untuk seluruh penggunanya.

Dark Mode ini sendiri ditemukan di WhatsApp Beta versi 2.20.13 oleh WABetaInfo, dikutip dari Android Police (22/1/2020), di mana bisa dilihat seperti apa penampilan WhatsApp dalam rupa Dark Mode lewat gambar screenshot tersebut.

Hal cukup menarik yang ditemukan oleh pihak WABetaInfo adalah fitur Dark Mode pada WhatsApp untuk Android ini memiliki sedikit perbedaan warna jika dibandingkan dengan versi iOS yang total hitam dan lebih nyaman untuk layar jenis OLED. Sementara untuk versi Android ini, Dark Mode akan memiliki warna lebih ke hitam keabu-abuan.

Baca Juga:
#Whatsappdown Trending, Cuitan Netizen Bikin Ngakak

Opsi dark theme akan muncul di WhatsApp settings/Chats. Kemudian Anda akan memiliki tiga opsi di bawah Theme yakni Light, Dark, dan Set by Battery Saver.

Jika memilih Set by Battery Saver, WhatsApp akan secara otomatis beralih antara tema terang dan gelap sesuai dengan pengaturan Battery Saver.

Bagi pengguna yang tidak ingin menginstal beta software di perangkat Android, dark theme kemungkinan akan tiba pada akhir bulan ini. WhatsApp diharapkan dalam merampungkan update versi final dalam beberapa minggu ke depan.