Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
WhatsApp Memperluas Layanan Pembayaran Bisnis ke Singapura melalui Stripe
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Meta, perusahaan induk WhatsApp, telah mengumumkan peluncuran fitur pembayaran untuk bisnis dalam obrolan di Singapura, setelah sebelumnya diluncurkan di India dan Brasil. Meta bekerja sama dengan Stripe untuk meluncurkan fitur ini di wilayah tersebut.

Dalam pengembangan fitur ini, WhatsApp menggunakan solusi dari Stripe Connect dan Stripe Checkout, yang memungkinkan pembayaran dalam aplikasi tersedia secara online dan offline.

Pelanggan dapat melakukan pembayaran kepada bisnis menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau melalui sistem transfer dana PayNow Singapura.

Baca Juga:
Jajak Pendapat Satu Suara dan Berbagi Media dengan Keterangan Kini Tersedia di WhatsApp

Meskipun fitur untuk menerima pembayaran melalui WhatsApp saat ini hanya tersedia untuk beberapa bisnis, Meta berencana untuk memperluas ketersediaannya ke lebih banyak pedagang dalam beberapa bulan ke depan.

Bisnis dapat mengaktifkan fitur ini melalui WhatsApp Business dan akan dipandu untuk mendapatkan akun Stripe juga.

Sarita Singh, kepala regional dan direktur pelaksana Stripe untuk Asia Tenggara, mengatakan, “Kebanyakan orang yang saya kenal di Singapura menggunakan WhatsApp untuk mengobrol satu sama lain.

Sekarang, mereka juga dapat membayar bisnis lokal menggunakan aplikasi tersebut. Kecepatan dan kenyamanan pembayaran melalui WhatsApp akan membantu bisnis memperluas aliran pendapatan mereka dengan saluran baru dan mengakses basis pelanggan yang lebih luas.”

Sebelumnya, WhatsApp telah meluncurkan layanan pembayarannya di India pada tahun 2020 dengan berbasis jaringan Antarmuka Pembayaran Terpadu (UPI) negara tersebut dalam mode uji coba.

Pada tahun 2022, Perusahaan Pembayaran Nasional India memberi Meta izin untuk memperluas layanannya hingga mencakup 100 juta pengguna.

Baca Juga:
Sekarang Whatsapp Dapat Menyimpan Pesan 'Menghilang' Jika Pengirim Mengizinkan

Perusahaan tersebut juga memperkenalkan pengalaman berbelanja end-to-end dengan Reliance Jio di India pada Agustus tahun lalu, sehingga pelanggan dapat memesan bahan makanan menggunakan aplikasi.

Kemudian pada bulan lalu, WhatsApp juga meluncurkan fitur pembayaran untuk pedagang di Brasil setelah hampir tiga tahun menawarkan pembayaran antar pengguna.

Dengan 2 miliar pengguna WhatsApp, Mark Zuckerberg mengandalkan aplikasi obrolan ini untuk meluncurkan layanan pembayaran di berbagai wilayah.

Selain itu, dengan tidak adanya biaya berlangganan atau iklan, penawaran bisnis WhatsApp adalah metode utama bagi Meta untuk mendapatkan uang dari aplikasi tersebut.

Mulai bulan depan, WhatsApp juga akan beralih dari sistem harga berbasis notifikasi ke struktur harga berbasis percakapan untuk penggunaan layanan Bisnisnya.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6