WhatsApp Rilis Fitur Joinable Call, Apa Itu?

Technologue.id, Jakarta – WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk panggilan suara ataupun video di dalam grup bernama “Joinable Call”.

Joinable Call merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk dapat bergabung ke dalam panggilan grup meski sudah terlewat panggilannya.

Biasanya, jika seorang pengguna mematikan telepon atau keluar dari panggilan grup, ia harus diundang oleh partisipan lainnya jika ingin kembali ke dalam panggilan.

Baca Juga:
WhatsApp Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus

Fitur Joinable Call ini juga membuat pengguna bisa menunda panggilan video dan telepon grup yang masuk dan menerimanya beberapa saat kemudian.

“Dengan fitur ini, jika seseorang dari grup Anda melewatkan panggilan grup saat panggilan berdering, pengguna tersebut masih dapat bergabung kapan pun,” tulis WhatsApp.

Pengguna juga dapat keluar dan bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung. Joinable Call juga dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end encryption.

Selain itu, terdapat juga layar informasi panggilan, agar pengguna bisa mengetahui siapa saja pengguna yang bergabung dalam panggilan dan siapa saja yang telah diundang tapi masih belum bergabung.

Apabila pengguna menekan tombol ignore, maka pengguna masih bisa bergabung nantinya dari tab panggilan di WhatsApp.

Baca Juga:
Clubhouse Rilis Fitur Pesaing WhatsApp

Informasi dari laman resmi WhatsApp, hanya delapan orang saja yang bisa aktif melakukan panggilan dalam satu waktu. Saat penggilan video grup berlangsung, pengguna bisa mematikan video dengan mengetuk opsi “matikan video”.

Peserta panggilan tidak bisa mengeluarkan kontak saat penggilan video grup sedang berlangsung.

Pengguna juga tidak bisa menambahkan akun yang diblokir ke dalam panggilan, meskipun akun tersebut tetap mungkin tergabung dalam panggilan yang sama apabila diundang akun lain.