Windows 10 Lean Edition, Solusi Microsoft untuk Storage Kecil

Technologue.id, Jakarta – Sistem operasi Windows 10 dirancang untuk bisa mengisi seluruh perangkat yang ada dimuka bumi. Tak hanya sebatas notebook dan desktop PC, ia juga ditargetkan bisa disusupi untuk perangkat IoT. Namun ukurannya yang besar menjadi masalah tersendiri bagi perangkat yang tak memiliki media penyimpanan yang luas.

Mengutip dari TheVerge.com (25/04/2018), Microsoft dikabarkan tengah merancang Windows 10 varian baru yang diberinama Lean Edition. Masih mengusung kodenama Redstone 5, sistem operasi itu lebih dirancang untuk perangkat dengan media penyimpanan minim.

Baca juga:

Kunci Laptop Windows 10 Anda dari Jarak Jauh via Smartphone, Ini Caranya

Berdasarkan sumber yang familiar dengan Microsoft, rencananya Windows 10 Lean Edition tersebut akan ditawarkan kepada vendor laptop dan tablet untuk langsung menyematkannya pada lini perangkat kelas bawah. Salah satu blog Windows, Windows Central mengatakan bahwa Windows 10 terbaru itu bakal tersedia untuk perangkat yang berkapasitas 16GB.

Baca juga:

Ini Deretan Laptop Windows 10 Terbaru, Ada yang Cuma Rp2 Jutaan!

Untuk bisa memangkas ukuran Windows 10 secara keseluruhan, Microsoft membuang sejumlah komponen yang tak diperlukan pada perangkat low-end, seperti Internet Explorer dan beberapa aplikasi desktop lainnya yang sudah cukup lawas. Bahkan, mereka juga tak menyertakan fungsi regedit pada sistem operasi tersebut.

Baca juga:

Kangen Sama Windows 7? Sulap Start Menu Windows 10 Jadi Start Menu Windows 7 Yuk!

Dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan ringkas, pengguna Windows diharapkan bisa lebih banyak menginstall aplikasi yang ia butuhkan serta berbagai file multimedia seperti foto dan video. Sayangnya, hingga saat ini belum jelas tanggal rilis dari Windows 10 Lean Edition ini.

One Reply to “Windows 10 Lean Edition, Solusi Microsoft untuk Storage Kecil”

Comments are closed.