Technologue.id, Jakarta – Windows 10 saat ini adalah sistem operasi termutakhir Microsoft. Namun sepanjang sejarah Windows, justru varian yang cukup lama, yakni Windows 7, yang basis penggunanya amat besar.

Akan tetapi, sebagai user, cukup mustahil melawan Microsoft. Ketika beberapa waktu lalu Microsoft memutuskan untuk menghentikan mainstream support untuk Windows 7, maka banyak user yang terpaksa upgrade ke Windows 10.

Baca juga:

Seperti Apa Fitur Android P Buatan Google?

Nah, kalau kebetulan Anda adalah pengguna Windows 10 yang lebih nyaman dengan tampilan “klasik” style dan tombol start menu Windows 7 atau sekadar kangen dengan OS yang dirilis tahun 2009 lalu itu, coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Anda membutuhkan bantuan dari pihak ketiga. Nama aplikasinya Classic Shell. Silakan unduh versi terbarunya di website resmi mereka www.classicshell.net.

2. Kalau sudah, buka installer-nya dan mulailah pasang di laptop atau PC Anda. Biarkan paket instalasi Classic Explorer dan Classic Internet Explorer kalau Anda ingin nostalgia yang benar-benar menyeluruh. Namun kalau Anda rasa hal tersebut tidak perlu, silakan di-disable.

Kangen Sama Windows 7? Sulap Start Menu Windows 10 Jadi Start Menu Windows 7 Yuk!

3. Begitu instalasi selesai, pergilah ke Settings dengan cara mengklik kanan logo Windows di sebelah kiri taskbar. Kalau pop-up window Settings for Classic Start Menu sudah keluar, centang boks “Show all settings”.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Browser Safari yang Crash di iPhone

4. Dari sini, Anda bisa memilih style start menu yang Anda idamkan, dari style Windows 7 sampai versi Windows klasik. Karena sedari awal pembahasannya adalah mengembalikan style Windows 7, maka pilihlah Windows 7 style, lalu klik “Select Skin…” di bagian bawahnya atau langsung tujulah tab Skin di bagian kanan window. Pastikan pula untuk mencentang opsi “Replace Start Button” sebelum melangkah lebih jauh.

Dari sini, pilihlah skin Windows Aero. Adapun beberapa opsi yang bisa Anda tampilkan atau hilangkan di sini sesuka hati, seperti user picture, font ukuran besar, dan ikon ukuran kecil. Klik tombol “OK”.

Kangen Sama Windows 7? Sulap Start Menu Windows 10 Jadi Start Menu Windows 7 Yuk!

5. Kini saatnya mengganti ikon start dengan menuju ke tab “Start Button”. Pilih “Custom button” dan ganti Button Image dengan mengklik tiga titik di sebelah opsi tersebut. Unduhlah ikon tombol start yang Anda kehendaki dari tautan berikut ini http://www.classicshell.net/forum/viewtopic.php?f=18&t=3207. Klik “OK” kalau sudah.

Kangen Sama Windows 7? Sulap Start Menu Windows 10 Jadi Start Menu Windows 7 Yuk!

Sebagai catatan, kalau Anda memilih menggunakan taskbar kecil, maka unduhlah ikon ukuran kecil. Pun jika sebaliknya.

Baca juga:

Begini Cara Mudah Menyembunyikan Update Status WhatsApp

6. Nah untuk kali ini, adalah langkah opsional. Jika Anda merasa terbantu dengan Cortana di taskbar, Anda tak perlu menghilangkannya. Namun jika tidak, klik kanan space kosong di taskbar Anda, pilih opsi Cortana, kemudian klik “Hidden”.

Anda pun bisa mengganti warna taskbar menjadi biru ala Windows 7 dengan mengklik kanan ruang kosong di desktop, lalu klik “Personalize”. Dari menu navigasi sebelah kiri, pilihlah Colors.

Hilangkan centang pada opsi “Automatically pick an accent color from my background”, kemudian aktifkan toggle “Transparency effects” plus centang “Start, taskbar and action center” dan “Title Bars” di bawahnya. Kalau sudah, pilih warna biru agar sesuai dengan warna Windows 7.

Itu dia cara mengganti start menu di Windows 10 menjadi ala-ala Windows 7 seperti diadaptasi dari Tech-Recipes.com (23/02/2018). Semoga membantu!