HomeHeadlineWindows 11 Bikin Lemot Komputer Berprosesor AMD Ryzen

Windows 11 Bikin Lemot Komputer Berprosesor AMD Ryzen

Technologue.id, Jakarta – Windows 11 rupanya bisa menurunkan performa komputer berprosesor AMD Ryzen. Hal ini pun telah ditanggapi langsung oleh pihak AMD.

Seperti dilansir dari laman resminya, Senin (11/10/2021), AMD menyebut ada dua persoalan yang menjadi pemicunya, yang menyebabkan komputer melambat hingga 15%.

Baca Juga:

Spesifikasi Minimum Windows 11

Yang pertama adalah latency cache L3 di prosesor yang meningkat hingga 3 kali lebih lama dibanding biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11.

Dengan begitu, aplikasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakses memori yang pada akhirnya memengaruhi kinerjanya.

Kemudian kedua adalah sistem pemilihan inti komputer, yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi. Masalah ini ditemukan di prosesor dengan jumlah core lebih dari 8 dan TDP di atas 65 watt.

Baca Juga:

7 Perbedaan Windows 11 dan Windows 10

AMD sendiri mengaku telah berkordinasi dengan Microsoft untuk menyelesaikan masalah ini. Dan dipastikan akan ada update sistem untuk memperbaiki masalah yang ada.

Tapi untuk saat ini AMD menyarankan agar pelanggan menggunakan prosesor yang kompatibel. Jika tidak ada, bisa menggunakan Windows 10 dahulu, jangan memaksakan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More