Windows 7 Dimatikan, Ini Cara Upgrade ke Windows 10 Secara Gratis – Technologue
Windows 7 Dimatikan, Ini Cara Upgrade ke Windows 10 Secara Gratis

Windows 7 Dimatikan, Ini Cara Upgrade ke Windows 10 Secara Gratis

Technologue.id, Jakarta – Mulai hari ini, Selasa, 14 Januari 2020, Microsoft menghentikan dukungan terhadap Windows 7. Dengan keputusan ini, Windows 7 akan memasuki fase end-of-life di mana tidak ada bantuan sama sekali bagi pengguna sistem operasi (OS) milik perusahaan Bill Gates ini, seperti tidak akan lagi pembaruan (update) software atau perbaikan keamanan (security) dari Microsoft.

“Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman Microsoft, dikutip CNET, Selasa (12/1/2020).

Baca Juga:
Microsoft Akan Stop Dukungan Terhadap Windows 7

Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

Bagi Anda yang ingin meng-uprade sistem operasi ke versi lebih tinggi, berikut cara mendapatkan Windows 10 secara gratis:

1. Buka situs web Download Windows 10.

2. Di bawah instalasi Create Windows 10, klik Download dan kemudian Run.

3. Pilih Upgrade PC ini sekarang, dengan anggapan ini adalah satu-satunya PC yang Anda upgrade. (Jika Anda melakukan upgrade untuk PC yang berbeda, pilih Create media instalasi untuk PC lain, dan simpan file instalasi.)

Baca Juga:
Microsoft Optimalkan Tampilan Windows 10 untuk Tablet

4. Ikuti petunjuknya.

5. Ketika proses upgrade selesai, buka Settings Update & Security > Activation, dan Anda akan melihat lisensi digital untuk Windows 10.

Perlu dicatat bahwa jika Anda memiliki lisensi Windows 7 atau 8 Home, Anda hanya dapat memperbarui ke Windows 10 Home. Sedangkan bagi pengguna Windows 7 atau 8 Pro tentu hanya dapat diperbarui ke Windows 10 Pro. Upgrade ini tidak tersedia untuk Windows Enterprise.

Untuk versi berbayar, Microsoft memungut biaya sebesar US$ 139 atau sekitar Rp1,9 juta untuk mengunduh sistem operasi Windows 10 Home melalui situs resmi perusahaan.