Technologue.id, Jakarta – Entah itu musik karya musisi lokal atau mancanegara atau yang beraliran pop, rock, folk, hingga EDM, musik sudah jadi bagian dari kehidupan manusia saat ini. Besar kans, Anda pun saat ditanya lagu, musisi, atau genre musik favorit, telah memiliki jawaban tersendiri.

Namun, ada satu fenomena unik di iTunes belakangan. Sebuah lagu berjudul “A a a a a Very Good Song” tiba-tiba meroket popularitasnya karena didengarkan oleh banyak orang hingga berhasil merangsek ke 100 besar tangga lagu di platform bikinan Apple tersebut. Hari ini (12/08/17), lagu itu pun sudah bertengger di nomor ke-30 bersama karya musisi sekelas Bruno Mars, Selena Gomez, hingga The Chainsmokers.

Wow, Lagu Enggak Jelas Ini Populer Sekali di iTunes!
Lagu A a a a a Very Good Song yang jadi populer di iTunes (source: Apple)

Baca juga:

iPhone 8 Tak Jadi Dirilis Bulan Depan?

Makin aneh lagi karena lagu itu bukan berasal dari penyanyi atau musisi profesional serta kenamaan dunia, melainkan “hanya” dari seorang netizen yang juga pekerja industri digital bernama Samir Mezrahi.

Akan tetapi, keanehan hakiki dari “lagu” berdurasi 9 menit 58 detik itu adalah ketika dimainkan, tidak ada dentuman nada atau suara vokal yang terdengar. Sunyi.

Baca juga:

Trilogi Smartphone Oppo-FC Barcelona yang Gemparkan Pasaran

Yup, itu bukanlah kesalahan teknis. Memang begitulah isi dari “lagu” itu. Mengutip Engadget (10/08/17), karya Mezrahi itu adalah contoh kecerdikannya dalam memanfaatkan “kesalahan sistem”. Karena iPhone biasa memainkan musik berdasarkan urutan alfabet saat dikoneksikan ke speaker di mobil, maka lagu yang judulnya dimulai dengan huruf “a” pun bakal diputar lebih dulu, entah Anda menghendakinya atau tidak. Dari sinilah A a a a a Very Good Song bisa menjadi salah satu lagu terpopuler di iTunes.

Baca juga:

Walau Tipis, Laptop Rp8 Jutaan dari Asus Ini Speknya Berbobot

Kira-kira, setelah sukses mengisengi banyak orang, apakah Apple akan menghapus karya Mezrahi itu? Bisa jadi tidak, karena raksasa Cupertino itu juga ikut mendapat keuntungan ketika ada user yang membeli A a a a a Very Good Song di iTunes. Bagaimana pendapat Anda?