Wow, Mobil Tesla Seharga Miliaran Bisa Dibobol dengan alat Rp 4 Jutaan

Technologue.id, Jakarta – Kerentanan keamanan ditemukan di mobil listrik Tesla Model X. Hal ini diungkap oleh seorang peneliti Keamanan di Universitas Belgia KU Leuven, Lennert Wouters.

Ia menyebut celah ini dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang berhasil membaca nomor identifikasi kendaraan, dan berada dalam jarak sekitar 15 kaki dari kunci mobil.

Wouters mengatakan hanya perlu alat khusus dengan harga Rp US$ 300 atau sekitar Rp 4,2 jutaan untuk membobol mobil seharga Rp 2,6 miliar ini. Prosesnya pun butuh waktu 90 detik saja.

Baca Juga:

Pemain PUBG Mobile Jadi Target Serangan Siber


Peretas tinggal menulis ulang firmware dari kunci nirkabel Tesla yang memang dapat menerima pembaruan firmware secara over-the-air melalui koneksi Bluetooth.

Nantinya Bluetooth tersebut juga akan menghubungkan kunci dengan komputer yang ada di dalam mobil yang membuatnya dapat diakses dengan bebas.

Dengan kata lain, mobil listrik Tesla Model X ini dapat dikelabui dengan kunci palsu. Sebab sistem keamanannya tidak dapat melakukan validasi terhadap firmware yang diinstal secara over-the-air.

Baca Juga:

Tega, Hacker Serbu Perusahaan Pembuat Vaksin Covid-19


“Pada dasarnya, kombinasi dua celah keamanan yang ditemukan pada Tesla Model X memungkinkan peretas untuk mengambil alih kendali mobil dalam waktu beberapa menit saja,” ujar Wouters dikutip dari Wired Jumat, (27/11/2020).

Menanggapi hal tersebut, Tesla sendiri mengaku akan segera meluncurkan pembaruan untuk sistem keamanan mobilnya. Perusahaan menyebut perlu waktu satu bulan untuk meluncurkannya secara merata.

Saat ini para pengguna Tesla diimbau untuk terus mengikuti perkembangan informasi pembaruan sistem keamanan ini. Dan yang paling terpenting adalah jangan pernah memberikan nomer identifikasi kendaraan.

Latest News

Dear Nakes, Registrasi Vaksin Covid-19 Bisa Dilakukan Via WA

Technologue.id, Jakarta - Guna memudahkan tenaga kesehatan (Nakes) melakukan registrasi Program Vaksinasi Covid-19, pemerintah menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sular

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Related Stories