XL Axiata Siap Luncurkan Teknologi 5G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Satu lagi operator seluler yang akan meluncurkan teknologi 5G di Indonesia. Menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo, XL Axiata digadang-gadang akan meluncurkan 5G secara komersial dalam waktu dekat ini.

Saat ini, perusahaan sudah menyiapkan secara teknis maupun non teknis. Berbagai persiapan teknis yang dilakukan perseroan diantaranya adalah eksplorasi teknologi dan mempersiapkan kasus pemanfaatan 5G.

Baca Juga:
XL Satu Fiber Usung Sistem Konvergensi, Apa Benefitnya?

“Berbagai persiapan teknis diantaranya, eksplorasi teknologi dan use case 5G telah kami lakukan sejak tahun 2017, termasuk peningkatan jaringan seperti modernisasi jaringan radio, fiberisasi, dan peningkatan kapabilitas jaringan core, billing dan IT,” ujar Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.

Dari sisi teknologi, anak perusahaan Axiata Group itu akan menerapkan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). DSS adalah teknologi yang memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Untuk informasi, saat ini XL beroperasi dengan menggunakan pita frekuensi sebesar 2×45 MHz, dengan spektrum frekuensi terlebar -sebesar 22,5 MHz – terdapat di pita 1,8 GHz.

Baca Juga:
Q1 2021, Laba XL Axiata Tumbuh Rp 321 Miliar

Pada 2020, XL sempat melakukan uji coba 5G dengan DSS. Hasilnya kecepatan unduh mencapai 176 Mbps, kecepatan unggah sebesar 90,4 Mbps dan latensi 11 milidetik.

Sebagai langkah selanjutnya, Ayu mengatakan bahwa XL Axiata telah mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

- Advertisement -

Latest News

Related Stories