Technologue.id, Jakarta – Menjelang hari raya Idul Fitri 1437 hijiriyah, XL Axiata memberi hadiah bagi masyarakat Semarang. Ibukota Provinsi Jawa Tengah itu dihadiahi XL akses ke layanan 4G LTE dari operator warna biru tersebut.

Posisi Semarang yang berada di jalur mudik utama jadi alasan bagi XL memprioritaskan kota tersebut dalam menyediakan layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE.

“Semarang merupakan kota yang dilalui jalur mudik. Untuk itu kita segera membuka jalur internet cepat melalui layanan 4G yang disediakan XL supaya bisa dinikmati para pemudik juga,” Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management XL.

Faktor lainnya, infrastruktur di Semarang dan sekitarnya sudah terbilang mapan mendukung 4G LTE. Ada 146 Base Tranceiver Station (BTS) 4G yang bisa dimanfaatkan bagi 370 ribu pelanggan XL di Semarang dan sekitarnya yang telah bermigrasi menggunakan kartu SIM 4G.

Layanan 4G LTE di Semarang akan tersedia di area pusat kegiatan bisnis dan ekonomi, pariwisata, pemerintah, dan perguruan tinggi. Area itu antara lain di Genuk, Pedurungan, Gayamsari, Semarang timur, Semarang tengah, Semarang utara, Semarang selatan, Semarang barat, Gajah Mungkur, Candisari, Tembalang, Banyumanik, Tugu, dan Ngaliyan.

Hingga saat ini, jaringan layanan generasi keempat yang disediakan oleh XL mencapai 59 kota/kabupaten. Rencananya, XL akan menggelar 4G LTE di 85 kota/kabupaten hingga akhir tahun 2016, Magelang salah satunya.