Technologue.id, Jakarta – Keseriusan XL Axiata menggarap bisnis di ranah layanan digital tampak membuahkan hasil. Laporan kinerja XL tengah tahun pertama 2016 menampilkan hasil positif dengan pertumbuhan penjualan 40,4 persen dibandingkan taun sebelumnya.

Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi ini menyatakan optimis layanan digital miliknya bakalan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendapatan perusahaan. Bahkan, XL menargetkan layanan digital bisa memberikan kontribusi lebih besar di tahun 2016.

“Saat ini kontribusi dari layanan digital pada pendapatan perusahaan masih kurang dari 5%. Kedepannya, target kontribusi ini dapat meningkat di angka di atas 5%. Kami harus bekerja keras dan yakin akan bisa mencapainya,” kata Joseph Lumban Gaol, Chief Digital Services Officer XL.

Demi mencapai target yang ditetapkan, XL mengklaim berusaha terus meningkatkan kualitas layanan digital yang ada di paruh kedua 2016 ini. Joseph menyatakan perusahaannya punya tiga hal yang bakalan dilakoni XL sepanjang semester 2 tahun 2016.

Pertama adalah fokus di beberapa inisiatif transformasi XL yang sudah ada dan sangat relevan dengan dunia layanan digital. Sebagai contoh, di semester 2 nanti, XL akan gencar memasarkan solusi mobile broadband berbasis 4G untuk pasar SME.

Kedua, mempercepat transformasi organisasi untuk menuju sales/market centric organization. Salah satu bentukannya adalah dengan membentuk tim khusus yang menangani SME market. Terakhir atau yang ketiga adalah terus berupaya dan konsisten dalam membangun ekosistem layanan digital demi mendukung program ekonomi digital pemerintah.

Terakhir atau yang ketiga adalah terus berupaya dan konsisten dalam membangun ekosistem layanan digital demi mendukung program ekonomi digital pemerintah.

Saat ini, secara umum terbagi dalam 11 kategori, yaitu Cloud & Data Center, Mobile Finance, Mobile Banking, Mobile Advertising, dan Internet of Thing (IoT). Lalu ada Elevenia, layanan korporate seperti CUG, layanan MPLS dan Leased Lines, Mobile Broadband (MBB), Digital Entertainment, dan terakhir Solution Selling/Business Development.

Baca juga :
KEJAR TARGET EFISIENSI, XL GENJOT TRANSFORMASI
TINGKATKAN PRODUKTIVITAS LAYANAN, XL ADOPSI MICROSOFT OFFICE 365
PERMUDAH UMAT MUSLIM DI TANAH SUCI, XL SEDIAKAN PAKET HAJI