Technologue.id, Jakarta – Apa sih yang lebih menyebalkan dari iPhone atau iPad yang tak bisa di-charge? Apalagi saat baterai gadget Apple kesayangan Anda sedang drop pasca dipakai seharian penuh.

Sebelum bersedih, mengamuk, atau bahkan menjual secara murah iPhone dan iPad Anda karena diduga rusak, coba ikuti pertolongan pertama saat perangkat Apple Anda tak merespons saat dicolokkan ke kabel charger berikut ini, seperti dikutip dari HowToGeek (06/08/17).

Baca juga:

Cara Temukan Aplikasi 32-Bit di iPhone

1. Bersihkan Lightning port
Konektor Lightning ala Apple sebenarnya berdesain apik. Sebab, kabel konektor dan port-nya sendiri lebih rentan terhadap kerusakan. Kendati demikian, tentu port tersebut tidak bisa membersihkan dirinya sendiri.

Ya, debu atau kotoran dapat menempel pada port Anda, terlebih jika Anda biasa memasukkan iPhone ke dalam saku baju atau celana. Situasi semacam ini pun rentan membuat gadget berlogo apel tergigit Anda tak bisa di-charge di momen tertentu.

Untuk mengatasinya, coba bersihkan Lightning port Anda pelan-pelan menggunakan sikat khusus dan lap silikon. Namun kalau Anda mendapati kotoran yang lebih besar, mencongkelnya dengan tusuk gigi bisa jadi solusi.

Baca juga:

Begini Cara Menghentikan Auto-Translate di Facebook

2. Cek adapter charger
Kalau Llightning port Anda sudah atau cukup bersih, hal lain yang patut dicurigai di kala iPhone atau iPad tak dapat di-charge adalah mengecek adapter charger Anda.

Coba pasangkan adapter tersebut dengan kabel lain atau koneksikan charger yang Anda curigai mengalami kerusakan pada gadget Apple lain. Jika normal-normal saja, boleh jadi charger Anda memang tidak sesuai dengan standar Apple. Solusinya bisa dengan menggantinya dengan aksesori asli keluaran Apple atau yang spesifikasinya sudah sesuai standar Apple.

3. Cek kabel charger
Jangan ragu untuk mengecek kondisi kabel charger jika Anda mengalami masalah saat mengisi daya iPhone atau iPad. Bisa saja ada kotoran yang menempel atau fisiknya mengalami kerusakan. Solusinya hampir serupa dengan adapter, baiknya belilah kabel charger perangkat Apple yang orisinal atau telah mendapatkan sertifikasi dari Apple.

Baca juga:

Agar Bisa Fokus Menyetir, Aktifkan Do Not Disturb di iOS 11 Anda

4. Minta pertolongan resmi
Kalau pertolongan pertama pada problem charging di atas tak mampu menolong, silakan untuk meminta bantuan dari Apple. Dengan pertimbangan Apple mampu memperbaiki gadget kesayangan Anda secara cuma-cuma dalam garansi atau memberikan garansi resmi atas perbaikan hardware, mengontak service center resmi tentu layak jadi prioritas.

Namun jika Anda tidak masalah dengan risiko-risiko yang mungkin terjadi saat meminta jasa service non-resmi, tentu saja pilihan ada di tangan Anda.