YouTube Habiskan Rp 422 Triliun untuk Konten Kreator

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebanyak US$ 30 miliar atau sekitar Rp 422 triliun telah dihabiskan YouTube untuk para konten kreator selama tiga tahun terakhir. Hal ini diungkap langsung oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki dalam surat pertama-nya yang ia terbitkan di tahun 2021 ini.

Dalam surat tersebut, Wojcicki juga membahas tentang pertumbuhan Youtube yang meliputi jumlah saluran baru yang bergabung bersama program mitra perusahaan. Dikatakan bahwa kemungkinan pendapatan iklan akan bertambah dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga:

Karyawan Alphabet Desak Youtube Blokir Akun Donald Trump


Selain itu, surat yang dilayangkan kepada para konten kreatornya itu juga mengatakan bahwa YouTube telah menyumbang sekitar US$ 16 miliar ke PDB Amerika Serikat di tahun 2019, mendukung setara dengan 345.000 pekerjaan purnawaktu.

Tak ketinggalan pembahasan soal pekerjaan yang harus dilakukan YouTube, termasuk soal biaya periklanan juga diungkap.

Wojcicki dalam suratnya juga menyatakan bahwa YouTube ingin menjadi lebih baik dalam mengomunikasikan perubahan untuk menghindari teguran kepada saluran. Sebab setelah tiga kali teguran dalam jangka waktu 90 hari saluran akan dihentikan.

Kebijakan baru ini mulai berlaku pada Desember 2020. Tetapi YouTube memberi masa tenggang bagi kreator untuk memastikan tidak ada videonya yang melanggar kebijakan.

Baca Juga:

YouTube Hadirkan Panel Informasi Cek Fakta


YouTube juga menghadapi tekanan yang meningkat untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memoderasi platform dan mencegah penyebaran informasi yang salah. YouTube sekarang mengalihkan fokusnya ke misinformasi vaksinasi.

“Kami selalu berupaya untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara keterbukaan dan tanggung jawab karena kami memenuhi pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah di seluruh dunia,” tulis Wojcicki seperti dikutip dari The Verge, Kamis (28/1/2021).

- Advertisement -

Latest News

Trending di Twitter, Apa sih “WA GB”?

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Twitter diramaikan dengan topik "WA GB". Hingga berita ini dimuat, Selasa (18/5/2021) topik tersebut sudah dicuitkan lebih...

Langganan Twitter, Bayar Rp42 Ribu per Bulan?

Technologue.id, Jakarta - Biaya langganan Twitter premium atau yang disebut Twitter Blue mulai terungkap. Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong...

Susunan Petinggi GoTo, Perkawinan Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Penggabungan usaha atau merger antara Gojek dengan Tokopedia melahirkan susunan manajemen perusahaan. Dalam perusahaan baru ini,...

Cara Migrasi Perpesanan WhatsApp ke Telegram

Technologue.id, Jakarta - Telegram telah meluncurkan fitur baru untuk membantu orang memindahkan riwayat obrolan mereka dari aplikasi lain termasuk WhatsApp.

Huawei P50 Jadi yang Terakhir untuk Leica?

Technologue.id, Jakarta - Desas desus berakhirnya kerja sama strategis yang dilakukan antara Huawei dan Leica sudah mulai berhembus sejak akhir tahun 2020...

Related Stories