Technologue.id, Jakarta – Selama ini, Apple selalu menggunakan chipset maupun prosesor buatan Intel untuk lini produk laptop maupun desktop PC. Namun tak lama lagi, hal tersebut mungkin akan segera berakhir.

Mengutip dari TheVerge.com (29/01/2018), Apple dikabarkan sudah memiliki rencana untuk menyematkan prosesor buatannya sendiri ke tiga lini produk yang akan dirilis pada akhir tahun ini. Tak cuma untuk macbook, tetapi juga lini desktop PC milik Apple, yakni iMac.

Baca juga:

Apple Lengkapi iOS 11.3 dengan Fitur Keamanan Darurat

Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui detail dari prosesor yang bakal digunakannya itu. Namun yang pasti, dengan menggunakan prosesor kustom buatan sendiri, Apple nantinya tak perlu lagi menunggu pihak ketiga untuk bisa mengembangkan produknya.

Baca juga:

Sudahkah iPhone Anda Diperlambat Oleh Apple? Ketahui dengan Cara Ini

Tak cuma dari sisi waktu, Apple juga berharap ke depannya integrasi antara hardware dan software pada lini perangkatnya pun semakin baik sehingga peningkatan performa maupun desainnya akan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin ke depannya Apple akan terlepas dari ketergantungan Intel.

Baca juga:

Puluhan Mobil Pintar Apple Segera Diuji Coba

Tak cuma untuk tiga lini produk PC dan laptop, Apple sebelumnya juga sudah sempat membuat chipset untuk smartphone, tablet dan perangkat wearable. Bulan lalu, Apple malah sudah menyematkan prosesornya ke dalam sebuah perangkat iMac Pro untuk memproses data audio, kamera, dan enkripsi.