Technologue.id, Jakarta – Kendati sudah punya pemain di pelbagai belahan negara, sebenarnya Pokémon Go belum dirilis secara global. Sampai saat ini, baru pengguna Android dan iOS di Amerika Serikat, Australia, serta Selandia Baru yang bisa mendapatkannya dari toko aplikasi resmi.

Karena mungkin diselimuti rasa penasaran yang tinggi serta ketidaksabaran untuk memainkan game berbasis augmented reality (AR) itu, banyak user yang memilih untuk men-download file installer Pokémon Go di situs yang bukan dikelola oleh pihak Google maupun Apple. Padahal, kini tersiar kabar bahwa ada installer Pokémon Go yang disediakan pihak ketiga yang mengandung malware bernama Droidjack alias SandroRAT.

Berdasarkan temuan Proofpoint, APK Pokémon Go palsu itu telah dimodifikasi dengan remote access tool (RAT). Gunanya yaitu mengizinkan sang hacker untuk mengontrol dan mendapat akses penuh ke smartphone Android korban. Tentu jika hal ini terjadi, semua file, kontak, pesan, hingga aplikasi Anda sudah berada di genggaman penjahat cyber tersebut.

Ngerinya lagi, dalam blog resminya, Proofpoint tak menyebut adanya perbedaan tampilan utama aplikasi Pokémon Go yang asli dan yang sudah disuntik dengan malware. Dengan kata lain, startup screen-nya sama persis dan user tak akan tahu bedanya.

- Advertisement -

Nah, jika Anda sudah terlanjur memasang game ini pada ponsel Anda, ada cara mudah untuk mengecek apakah Pokémon Go yang Anda miliki palsu atau tidak. Akses saja permission dari game ini, dengan menuju Settings –> Apps –> Pokémon Go.

Screenshot permission tidak wajar pada Pokémon Go palsu (sumber: Proofpoint)
Screenshot permission tidak wajar pada game Pokémon Go palsu (sumber: Proofpoint)

Game Pokémon Go yang asli tidak memiliki request yang aneh-aneh terhadap smartphone Anda. Berbeda lagi dengan yang sudah berisi malware. Walau tak dibutuhkan dalam permainan, game itu malah meminta akses ke kontak, bookmark dan history browser, SMS, telepon, sampai pengaturan koneksi internet.

Cara terbaik agar Anda terhindar dari serangan malware Droidjack memang tidak lain dan tidak bukan adalah menunggu sampai Pokémon Go resmi masuk ke Indonesia. Namun kalau Anda sudah tidak sabar, ya sebaiknya tidak menyalahkan siapa pun kecuali Anda sendiri kalau Droidjack merasuk di handset kesayangan Anda.

Semoga tulisan ini bisa membuat Anda lebih berhati-hati.

 

Baca juga :

TRIK MAIN POKÉMON GO TANPA BOROS BATERAI

CARA MENDAPATKAN GAME POKÉMON GO

MIRIS, INDONESIA MASUK 10 BESAR NEGARA PEMBAJAK SOFTWARE!