Technologue.id, Jakarta – Mobile game perdana nan orisinal dari Nintendo akhirnya tiba juga. Super Mario Run, yang sudah dijadwalkan kelahirannya sedari empat bulan lalu, kini tersedia untuk platform iOS di beragam negara. Menariknya, game dari franchise Super Mario itu langsung menyabet dua rekor penting.

Menurut SensorTower (16/12/16), dalam 24 jam pasca dirilis, Super Mario Run telah diunduh sebanyak 5 juta kali sedunia. Jumlah itu sangat timpang dengan prediksi awal mereka sendiri, yakni di kisaran 50 juta download saja.

Bahkan ketika dikomparasikan, volume unduhan Super Mario Run di Apple App Store berhasil mengalahkan game fenomenal tahun ini, seperti Pokémon Go dan Clash Royale. Walaupun awalnya Pokémon Go hanya tersedia di pasar yang sangat terbatas sementara Super Mario Run langsung diluncurkan ke 150 negara, tetapi tetap saja, rekor adalah rekor.

Jumlah unduhan Super Mario Run di debutnya (source: SensorTower)

Tak berhenti di situ, revenue yang diraup pun menuliskan sejarah. Pemasukan Super Mario Run di toko aplikasi milik Apple itu mencapai Rp 66 miliar dalam sehari. Sedangkan Pokémon Go ‘cuma’ Rp 56 miliar.

Jumlah revenue Super Mario Run di debutnya (source: SensorTower)

Dari data awalan ini, prediksi Anda, apakah Super Mario Run bisa menghapuskan hegemoni Pokémon Go? Mungkin saja begitu, andaikata Nintendo pun tak terlalu lama mengeksklusifkan game-nya ini dan segera menyediakannya di Android.

 

Baca juga:

Menanti Mobile Game dari Sony? Jangan Berharap Banyak Dulu, Deh!

Asyik, Game Gratisan di iOS Terbukti Makin Banyak!

Tersulut Nintendo, Sega Hidupkan Lagi Sonic the Hedgehog