Asyik, Game Gratisan di iOS Terbukti Makin Banyak!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Dalam beberapa tahun terakhir, pandangan Apple App Store sebagai toko aplikasi mahal seakan tak pernah mati. Namun yang sesungguhnya, game gratisan di App Store kian hari kian banyak.

Dari analisis SensorTower, 92 persen game untuk iOS yang dirilis di kuartal ketiga 2016 ini ternyata bersifat gratis. Tren makin banyaknya game gratisan ini faktanya terus naik semenjak tahun 2012, yaitu sebanyak 55 persen.

Detailnya, kalau dulu di Q1 2012 cuma ada 4.900 game yang dirilis dalam satu kuartal, selama Juli sampai September 2016 kemarin, ada sekitar 63.000 game gratisan yang siap di-install di gadget berlogo apple tergigit.

Perbandingan populasi game iOS berbayar dan gratis yang baru dirilis (source: SensorTower)
Perbandingan populasi game iOS berbayar dan gratis yang baru dirilis (source: SensorTower)

Di sisi lain, populasi game berbayar yang dirilis sejak empat tahun lalu cenderung stagnan, yakni di bawah 10 ribu.

Namun sebentar lagi, game premium iOS bisa jadi malah akan digandrungi. Alasannya, akhir tahun 2016 adalah jadwal lahirnya Super Mario Run secara eksklusif di iOS. Game yang dipamerkan di Apple event September lalu tersebut bakal menjadi andalan Nintendo untuk mendatangkan revenue dari sektor mobile gaming.

Kendati demikian, SensorTower lewat blog resminya (23/11/16) memperkirakan Super Mario Run tak akan mendatangkan revenue tinggi ketika lahir bulan depan maupun pemasukan jangka panjang. Bahkan, mereka menyangsikan kalau Super Mario Run bisa sepopuler Pokémon Go, Candy Crush Saga, atau Minecraft: Pocket Edition.

 

Baca juga:

Layanan SweetEscape luncurkan aplikasi bagi pengguna iOS

Cara Batalkan Email Salah Kirim di Gmail untuk iOS

Serunya Mainkan Game Marvel Tsum Tsum di Android dan iOS

- Advertisement -

Latest News

Related Stories