Technologue.id, Jakarta – Sekarang ini kemajuan cloud computing atau komputasi awan dapat membantu setiap perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan maju tanpa harus mengeluarkan banyak dana, sumber daya dan memikirkan untuk kepentingan IT.

DomestiCloud, sebuah startup IT yang bergerak di bidang CSP (Cloud Service Provider) kini telah hadir untuk bantu mengembangkan bisnis para pengusaha. Keunikan yang dibawa DomestiCloud adalah kemampuannya menyuguhkan layanan komputasi awan yang terjangkau bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berkembang namun memiliki keterbatasan dana.

Disamping CSP, startup ini juga melayani IT System Integrator dan Professional Services, seperti penyediaan berbagai perangkat IT (hardware dan software), instalasi perangkat-perangkat IT, implementasi, konfigurasi, maintenance, Aplikasi Developer, atau software hingga IT consultant. Salah satu bentuk model servis cloud yang bisa ditangani oleh DomestiCloud, diantaranya Office on Cloud, Infrastructure as-a-service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) sampai dengan Software as-a-service (Saas) dan masih banyak lagi.

Menyasar UKM

- Advertisement -

Setiap perusahaan, dari kecil, menengah dan besar sudah sepatutnya memiliki teknologi berbasis IT untuk kemajuan dan kecepatan bisnis. Sama seperti halnya dengan perusahaan atau apapun bentuk usahanya, UKM maupun besar, penggunaan komputasi awan atau cloud computing tidak mengharuskan melakukan investasi terhadap infrastruktur dan tidak juga mengharuskan memiliki sumber daya yang besar.

Oleh karenanya, saat ini DomestiCloud memposisikan dirinya sebagai Perusahaan Komputasi awan (CSP) muda yang memfokuskan diri untuk membantu para UKM, bisnis kecil sampai menengah dalam memberikan layanan Teknologi Informasi. Apabila dibandingkan dengan pesaing yang telah lebih dulu hadir dan ternama di Indonesia, DomestiCloud lebih kepada aplikasi awan (Software) awan yang murah, mudah dan terjangkau bagi para penggunanya.

“Salah satu tujuannya dibuat perusahaan ini untuk membantu kalangan menengah kebawah dari segi infrastruktur IT yang terbilang mahal, sekaligus karena kebutuhan IT sangat diperlukan di setiap usaha. Maka darinya, dengan keberadaan usaha DomestiCloud bisa memberikan solusi yang murah, cepat, mudah, tidak membuang-buang waktu,” ujar M. Iqbhal, CEO DomestiCloud.

DomestiCloud, ingin menyasar target utama pengusaha UKM (Small medium business) yang memiliki skala karyawan berjumlah antara 50 hingga 70 orang. Meski begitu, tetap menawarkan solusi dengan berbagai ragam, terutama di Software as a Service atau aplikasi diatas awan. DomestiCloud juga memiliki solusi Infrastruktur dan Software Aplications untuk berbagai Industri dari manufacturing atau pabrik, Health Care, Banking and Insurance, serta Education seperti di sekolah-sekolah atau universitas di berbagai wilayan di Indonesia.

Sejauh ini, DomestiCloud telah menangani berbagai pengusaha kecil dan menengah ataupun startup. Diantaranya, PT. Wanita Mandiri Perkasa – Kontraktor Aspal Jalan. DomestiCloud menangani Digital Filing System yang merupakan sebuah aplikasi yang dapat merubah semua hard copy dokumen di perusahaan menjadi softcopy dan dokumen-dokumen tersebut disimpan di cloud dengan akses tampilang untuk pengguna berbasis website atau mobile (Android dan iOS).

Adapun PT. Lawana Fajar Culinarindo – Importir Food and Supplier. DomestiCloud sempat menangani Cloud Email dan Digital Filing System startup tersebut. Cloud email merupakan layanan email dengan fitur-fitur lengkap untuk perusahaan dan sangat mudah digunakan dan dimiliki karena pengguna tidak perlu melakukan pembelian hardware dan software, melakukan persiapan, kelola dan pengendalian.

Satu lagi, bekerjasama dengan PT. Hari Hari Roti dan Bakery, DomestiCloud sempat mengerjakan Aplikasi Survey. Ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk produsen untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen atas barang, jasa, makanan atau minuman, dan masih banyak lagi, Adapaun layanan tersebut berupa SaaS (Software Aplication) sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Paket komputasi awan terjangkau

DomestiCloud sudah menawarkan berbagai pilihan paket Infrasturktur (IaaS) komputasi awan menggunakan berbagai teknologi terkini seperti VMware vCloud, Odin Automation/Parallels Cloud, serta Docker Container. Untuk perusahaan besar skala Enterprise, DomestiCloud menawarkan Cloud berbasis vCloud dari VMWare. Odin/Paralles Cloud untuk UKM dan bisnis kelas sedang, sedangkan Docker Container akan lebih sesuai dengan perusahaan web developer, app developer, e-commerce, dan sebagainya.

Berbeda dengan layanan Cloud yang lain, DomestiCloud lebih fokus di perusahaan-perusahaan merintis tadi. Lebih dari itu, DomesticCloud tawarkan solusi bundling yang lebih lengkap atau bundling cloud solutions.  Contoh solusi bundling yang ditawarkan oleh DomestiCloud, adalah berupa server virtualisasi, backup untuk data, disaster recovery (DR) apabila data perusahaan rusak atau hilang dapat dikembalikan, email, hingga Database as a Services (DBaaS) dan aplikasi kantor atau perusahaan dalam satu paket.

Untuk bisa menggunakan layanan DomestiCloud sangat mudah. Calon konsumen dapat membeli dengan beraneka paket yang ditawarkan melalui website resmi www.domesticloud.com. Konsumen dapat berbelanja online. Mulai dari pemilihan produk, solusi yang dibutuhkan, dan melihat berbagai produk yang diinginkan oleh konsumen. Bagaimana, perusahaan Anda tertarik menggunakan jasa komputasi awan?

BACA JUGA:

INDONESIANCLOUD KANTONGI SERTIFIKASI KHUSUS RED HAT

STARTUP INDONESIA AJAK MASYARAKAT BERJUANG UNTUK ‘MERDEKA DARI NYUCI’

MIMPI BESAR DELIVEREE DI PASAR LOGISTIK INDONESIA