Technologue.id, Jakarta – Walau tak termasuk negara yang dikunjungi iPhone 7 dan 7 Plus pertama kali, setidaknya Indonesia masih termasuk di daftar kunjungan karya termutakhir Apple itu. Ya, duo iPhone tersebut tak lama lagi mungkin akan segera dijual di Indonesia.

Sebab dari pantauan redaksi (13/9/16), iPhone 7 dan 7 Plus dengan model A1778 dan A1784 sedang mengantre untuk disertifikasi oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI).

iPhone 7 dan 7 Plus sedang disertifikasi (source: Technologue.id)
iPhone 7 dan 7 Plus sedang disertifikasi (source: Technologue.id)

Menariknya, iPhone 7 dan 7 Plus tak sendiri. Bersama mereka, juga ada sejumlah produk yang turut diantrekan oleh perusahaan pimpinan Tim Cook itu, contohnya beberapa model Apple Watch Series 2 dan AirPods. Bagi Anda yang belum familiar, AirPods adalah headphone nirkabel yang secara khusus diciptakan untuk iPhone 7 dan 7 Plus yang lahir tanpa port 3,5mm.

Sementara Apple Watch Series 2 ialah jam pintar yang dipamerkan bersamaan dengan iPhone 7 kemarin. Wearable tersebut mempunyai bodi anti-air, lebih hebat dari seri perdananya.

- Advertisement -

Kendati sudah dalam proses sertifikasi, perjalanan iPhone 7 beserta komplotannya masih panjang. Setelah mengantongi sertifikat yang memastikan peralatan radio gadget tersebut sudah sesuai dengan penggunaan di Indonesia, produk-produk itu perlu ditinjau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)-nya. Minimal, untuk bisa dijual di Indonesia, TKDN suatu produk sekarang harus memenuhi minimal 30 persen.

 

Baca juga:

KLONINGAN IPHONE 7 DAN 7 PLUS SUDAH MUNCUL, HARGANYA SUPER MURAH!

SELAIN DUAL-CAMERA, INI DETAIL SPEK MENAWAN IPHONE 7 DAN 7 PLUS

3 KELEMAHAN IPHONE 7 YANG BIKIN PEMAKAI ANDROID KIAN JUMAWA