Technologue.id, Jakarta – Sudahkah Anda mencoba memainkan Pokémon Go? Bagaimana? Seru, kan?

Kalau Anda menjawab ‘iya’, maka Anda sepakat dengan lebih dari 5 persen pengguna Android di Amerika Serikat yang sudah meng-install Pokémon Go. Gilanya, walau game ini baru dirilis di Negeri Paman Sam 6 Juli lalu, jumlah install-nya telah melebihi aplikasi pencari teman kencan, Tinder. Platform yang dikenal dengan swipe kiri dan kanannya itu dipantau oleh SimilarWeb baru terpasang di sekitar 2 persen handset Android di AS. Padahal, Tinder sendiri sudah diakui sebagai fenomena baru di ranah aplikasi dan mampu mengubah paradigma dalam mencari jodoh di era digital.

Grafis perbandingan instalasi Pokémon Go dan Tinder
Grafis perbandingan instalasi Pokémon Go dan Tinder pada perangkat Android di AS

Tak cuma itu, di AS, Pokémon Go juga telah mencatatkan sejarah sebagai game dengan user terbanyak. Dengan menarik sekitar 21 juta user, Pokémon Go sukses melampaui Candy Crush Saga yang pengguna aktifnya sekitar 20 jutaan ‘saja’. Berikut data yang dipaparkan oleh SurveyMonkey (13/7/16):

Pokémon Go jadi game terpopuler di AS
Pokémon Go jadi game Android terpopuler di AS

Mengingat Pokémon Go baru resmi diluncurkan di lima negara sampai berita ini diturunkan, besar kemungkinan basis pengguna game untuk Android dan iOS ini bakal terus tumbuh. Bahkan diprediksi, populasi para Pokémon trainer dengan handset Android di dunia ini bakal melewati pemakai Google Maps atau Snapchat sedunia.