Telkomsel Jajal Layanan di 11 Ribu Kilometer Jalur Mudik

Technologue.id, Malang – Menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam memang biasa memanfaatkan momen Ramadan dan Idul Fitri untuk berkomunikasi dengan sanak saudaranya dan menghasilkan lonjakan trafik telekomunikasi bagi operator seluler.

Operator yang memiliki lebih dari 170 juta pelanggan ini menyatakan telah melakukan peningkatan jaringannya secara signifikan. Setidaknya ada hampir dua ribu perangkat base transcever station (BTS) maupun 89 compact mobile base station (Combat) untuk menghadapi momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

“Sudah ada 1990 BTS yang kami tambahkan khusus untuk menghadapi RAFI tahun ini, 614 BTS 3G dan 1376 BTS 4G. Selain itu, kami juga akan menurunkan 89 BTS Combat dari sekitar 500 BTS Combat yang Telkomsel miliki,” ujar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

Bob menambahkan bahwa saat ini kebutuhan pelanggan untuk dapat terus internetan dimananpun mereka berada sangat tinggi. Aktivitas di platform digital sudah menjadi keseharian masyarakat, dan untuk itu, Telkomsel menaruh perhatian khusus terhadap kualitas layanan data yang diberikan kepada pelanggannya.

Perhatian itu diperlihatkan Telkomsel pada penambahan BTS barunya yang merupakan BTS broadband. Hal tersebut diharapkan bakalan mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan selama melakukan perjalanan, diantaranya browsing untuk mencari informasi, social media, dan streaming berbagai konten video.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel melakukan uji jaringan di sejumlah jalur yang lazim digunakan menjadi jalur mudik saat Idul Fitri. Jalur itu meliputi jalur kereta api, jalur tol, jalur keberangkatan dan kedatangan pemudik yang menggunakan kapal laut maupun pesawat terbang.

“Secara total kami menempuh jarak sejauh kurang lebih 11.000 km di uji jaringan tahun ini. Di sisi lain dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 ibukota kabupaten dengan sebaran lebih dari 11.000 BTS 4G, kami harap hal ini akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial Ramadhan dan Lebaran,” jelas Bob.

Saat ini, Telkomsel melayani 170 juta pelanggan di seluruh Indonesia dengan 89 juta di antaranya merupakan pelanggan data. Secara total operator seluler terbesar di Indonesia ini telah memiliki 140 ribu BTS yang sebagian besarnya untuk melayani layanan data.

Baca juga :
Manjakan Konsumen, Telkomsel Bagi Gadget Hingga Mobil Mewah
Setelah Telkomsel, Hacker Isengi Indosat
#IndosatLemot, Kritik Lain Netizen pada Operator Mapan Nasional

 

Recent Articles

Samsung Sebut Ponsel Berbahan Plastik Punya Sejumlah Keunggulan

Technologue.id, Jakarta - Ponsel dengan cover belakang berbahan kaca memang mempunyai daya tarik tersendiri. Tampilan ponsel menjadi lebih menawan sehingga menempatkannya pada...

Google Hadirkan Warna Baru untuk Pixel 5

Technologue.id, Jakarta - Google Pixel 5 dipastikan meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 30 September 2020. Seiring waktu peluncurannya yang semakin dekat,...

Google Maps Kini Bisa Pantau Daerah Sebaran Covid-19

Technologue.id, Jakarta - Fitur terbaru resmi digulirkan oleh peta digital Google Maps. Memungkinkan pengguna mengetahui sebaran Covid-19 mulai dari kota hingga sebuah...

Sebelum Dijiplak Vivo, Lagu “Dream Girl” Lebih Dulu Digunakan Apple

Technologue.id, Jakarta - Lagu "Dream Girl" besutan Anna of The North saat ini tengah ramai diperbincangkan. Lagu ini viral lantaran sang pencipta...

Free Fire Gandeng DJ KSHMR untuk Bikin Proyek Baru

Technologue.id, Jakarta - Free Fire luncurkan update BOOYAH Day, tapi bukan cuma itu berita baru dari game battle royale populer ini. Free...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here