Technologue.id, Jawa Barat - Platform e-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia mengungkapkan tren belanja di awal tahun 2025, yang didominasi oleh kategori Olahraga.
"Data internal Tokopedia di awal tahun 2025 mengungkapkan bahwa, produk hiking dan camping, sepeda, dan aksesoris olahraga, tercatat sebagai produk kategori Olahraga paling populer," kata Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, saat Media Trip Hari Pers di Sentul, Jawa Barat, Kamis (6/2/2025). Riset ini mengacu pada periode data 1-25 Januari 2025 dibandingkan dengan 1-25 Januari 2024.
Dari segi jangkauan transaksi, Aditia menambahkan bahwa Bandung Barat, Bandar Lampung, Karawang, Surabaya, dan Denpasar, tercatat sebagai wilayah dengan penjualan tertinggi khususnya di kategori Olahraga di Tokopedia pada awal tahun 2025.
Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong UMKM Maksimalkan Live Streaming di TikTok
Di sisi lain, ShopTokopedia mencatat, produk tummy trimmer (alat olahraga untuk mengencangkan otot perut), celana olahraga, dan lampu darurat camping tercatat sebagai produk kategori olahraga yang paling laris di ShopTokopedia pada awal tahun 2025. Sementara itu, Sumatra Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Maluku Utara, Banten menjadi beberapa wilayah dengan penjualan tertinggi khususnya di kategori Olahraga pada awal tahun 2025.
Data internal juga mengungkapkan bahwa kategori paling laris di ShopTokopedia adalah Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Fesyen Muslim, Makanan dan Minuman, serta Perlengkapan Rumah Tangga.
Di sisi lain, beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia meliputi Makanan dan Minuman, Pertukangan, Kesehatan, Otomotif, dan Rumah Tangga.
"Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil menjangkau 200 juta pengguna dari seluruh Indonesia. Bahkan sebuah riset menyatakan dampak sinergi Tokopedia dan TikTok lewat ShopTokopedia dengan berbagai promo yang dilakukan bersama telah mendongkrak kenaikan penjualan produk UMKM di kedua platform, secara total pendapatan para UMKM lokal meningkat sebesar 95%,” tambah Aditia.
Baca Juga:
Manfaatkan Tren Discovery E-commerce, Tokopedia Alami Peningkatan Penjualan Saat 12.12
Salah satu brand lokal yang memanfaatkan deretan inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia adalah Antarestar. Antarestar rutin mengikuti kampanye Promo Guncang yang berhasil meningkatkan penjualan hingga 300%. Di sisi lain, berkat aktif memanfaatkan kampanye Beli Lokal, penjualan Antarestar melonjak hingga 40%.
Fitur lainnya seperti Gratis Ongkir dan TopAds juga menjadi andalan Antarestar untuk meningkatkan visibilitas produk.
“Tokopedia dan ShopTokopedia berkontribusi sangat signifikan terhadap total penjualan online Antarestar. Omzet gabungan Antarestar di Tokopedia dan ShopTokopedia mencapai sekitar Rp3 miliar pada Desember 2024, dimana pembelinya kebanyakan dari kalangan gen Z,” ungkap Faiz Daffa, CEO Antarestar.
Faiz menerangkan, produk terlaris mereka di Tokopedia yaitu waist bag, sedangkan di ShopTokopedia adalah jaket waterproof.