2019, Nadiem Makarim dan Wishnutama Masuk Trending di Google Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google mengungkap 9 kategori utama dalam daftar tren hal apa saja yang paling banyak dicari oleh netizen Indonesia sepanjang tahun ini. Salah satunya ada kategori Tokoh, yang mengangkat nama Nadiem Makarim dan Wishnutama.

Kedua menteri muda era Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu menjadi Tokoh dengan penelusuran paling populer sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Jadi dibandingkan dengan 2018, jumlah penelusuran untuk Nadiem itu ada peningkatan. Bisa jadi ada relevansi dengan dia menjadi Menteri, karena itu salah satu peristiwa paling berkaitan dan paling berbeda tahun ini,” ungkap Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, Philippines, dan NBU Asia Tenggara (SEA), dalam acara Google Year In Search 2019, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga:
Warganet Paling Banyak ‘Googling’ Ini Selama 2019

Dijelaskan Vero, kuantitas pencarian tidak serta merta mewakili hal-hal yang sedang trending dalam suatu waktu. Maka dari itu, yang dilihat adalah pertumbuhan pencariannya.

“Peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan Tokoh itu, misalkan Nadiem dan Wishnutama, kalau diperhatikan pasti ada mungkin sebuah berita atau sebuah peristiwa yang terjadi sama dia sehingga bikin orang penasaran,” jelasnya.

Masih dari Kategori Tokoh, muncul nama-nama lain yang juga sudah dikenal luas diantaranya BTS, Edhy Prabowo, Blackpink, Thareq Kemal Habibie, Reino Barack, Syahrini, Sandiaga Uno, dan Wiranto.

Baca Juga:
Ucapan Selamat Bos Grab Indonesia kepada Mendikbud Nadiem Makarim

Sedikit berbeda di Year In Search 2019, kali ini tidak ada peringkat seperti edisi-edisi sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Veronica, keputusan pihaknya untuk menghapus peringkat merujuk pada definisi trending itu sendiri bagi mereka.

“Top trending searches itu topik dengan peningkatan pencarian paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories