Technologue.id, Jakarta – Setelah memutuskan untuk tak lagi menggunakan prosesor Intel di masa mendatang, Apple perlahan-lahan sudah mulai mengembangkan prosesornya sendiri. Produk tersebut terendus siap digunakan kurang dari lima tahun lagi.

Mengutip dari TheVerge.com (17/10/2018), analis ulung Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa perangkat komputer berbasis Mac buatan Apple akan beralih sepenuhnya dari prosesor Intel ke ARM pada awal tahun 2020 atau 2021 mendatang. Dan di April tahun 2020, ia memperkirakan sudah akan ada laptop MacBook yang sudah menggunakan ARM.

Baca juga:

iOS 12 Bikin Apple Fanboy Antusias, Kenapa?

Agar transisi dari penggunaan prosesor Intel ke ARM bisa mulus, Apple rencananya akan mulai untuk melakukan penggantian pada laptop terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan meninjau kinerjanya, sebelum menyematkannya pada produk berlogo apel tergigit lainnya.

- Advertisement -

Baca juga:

iPhone XS Dibedah, Ada yang Unik di Baterainya

Di saat yang bersamaan, Kuo juga meramalkan kalau Apple masih akan bekerja sama dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk memproduksi cip prosesor berbasis ARM untuk menggantikan Intel. Selama ini, TSMC sendiri sudah menjadi supplier dan pembuat cip A-series untuk iPhone dan iPad sejak tahun 2016.

Baca juga:

Pengguna iPhone XS Keluhkan Masalah Sinyal

Bisa jadi, ke depannya Apple juga masih akan memercayai TSMC untuk bisa memproduksi cip Apple yang ditujukan untuk platform otomotif, yakni Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Jadi, sudah adakah di antara Anda yang penasaran dengan performa gadget Apple tanpa otak Intel?