Technologue.id, Jakarta – Sejak awal menciptakan perangkat komputer, Apple selalu setia untuk menggunakan chipset maupun prosesor buatan Intel. Namun beberapa tahun ke depan, nampaknya keuntungan Intel dari lini prossesor akan berkurang lantaran Apple tak mau lagi menggunakan prosesor Intel.

Mengutip dari TheVerge.com (02/04/2018), Apple dikabarkan akan melakukan penggantian prosesor Intel untuk perangkat Mac pada tahun 2020 mendatang. Dan kemungkinan hal tersebut akan dimulai pada lini laptop MacBook 12 inci, baru ke perangkat lainnya.

Baca juga:

Apple Mau Bikin Layar Sendiri?

- Advertisement -

Bukan tanpa alasan, Apple mengambil keputusan tersebut lantaran mereka melihat pesatnya perkembangan dan evolusi dari prosesor berbasis ARM yang selama ini disematkan pada perangkat dengan sistem operasi iOS, seperti Apple Watch dan Apple TV. Dan ke depannya, perangkat berbasis MacOS pun kemungkinan akan ditenagai oleh prosesor buatan Apple sendiri yang juga berbasis ARM.

Baca juga:

Apple Bakal Rilis MacBook Air Versi Murah

Dengan menggunakan prosesor sendiri berbasis ARM, Apple berharap nantinya bisa merilis berbagai produk dengan lebih baik lagi, terutama dari sisi desain yang lebih tipis dan ringan sehingga fleksibilitas perangkat akan meningkat. Di sisi lain, pengguna pun bisa merasakan performa yang lebih kencang.

Baca juga:

Apple Siapkan Desain Keyboard Laptop Revolusioner

Diketahui, penggunaan komponen Intel pada perangkat Apple sendiri berhasil menyumbang pendapatan sekitar 5 persen per tahun bagi Intel. Pasalnya, tak cuma prosesor, Apple juga menggunakan modem buatan Intel pada beberapa perangkat iPhone.