Technologue.id, Jakarta – Sejatinya, ada banyak sekali tantangan sebagai pemilik perangkat pintar. Selain dari kejahatan siber, user juga perlu mempertahankan diri dari ancaman yang ada di dunia nyata, seperti dari pencopet atau pencuri. Belum lagi petaka yang berasal dari kecerobohan diri, misalnya, saat lupa meletakkan gawai di tempat ramai.

Baca juga:

Tips agar Anda Terhindar dari Kejamnya Praktik Phising Online

Ya, ancaman-ancaman itulah risiko yang harus dihadapi pengguna setiap harinya. Terkhusus ancaman dunia nyata, Kaspersky Lab mencatat rata-rata setiap menit, 23 ribu gadget Android hilang atau dicuri. Hitungan ini didapatkan dari kalkulasi dijalankannya fitur Anti-Theft pada Kaspersky Internet Security rata-rata sebanyak 1,5 kali per menitnya selama 13 Juni hingga 12 Juli 2018.

Kemungkinan besar, menurut Dmitry Aleshin, VP Product Marketing Kaspersky Lab, fakta riilnya di lapangan lebih dari statistik tersebut. Sebab, hitungan itu hanya berasal dari perangkat yang dipasangi aplikasi Kaspersky Internet Security dan diaktifkan fitur Anti-Theft-nya.

Baca juga:

Waspada, Aplikasi Transportasi Online Rawan Serangan Siber!

Studi lain yang dilakukan oleh Kaspersky Lab telah menunjukkan bahwa secara keseluruhan, empat persen orang di seluruh dunia pernah kehilangan perangkat atau setidaknya sekali menjadi korban pencurian. Gawai yang paling sering hilang menurut responden di survei ini adalah perangkat Android (57 persen), diikuti oleh laptop (29 persen) dan iPhone (21 persen).

Seringkali, user merasa kecewa saat gawainya hilang atau dicuri karena pentingnya data-data di dalamnya. Hal ini diperkuat dari temuan penelitian konsumen Kaspersky Lab, bahwa satu dari lima orang mengaku jika foto dan video perjalanan adalah data paling penting yang disimpan pada gawai mereka, mengalahkan data-data lainnya yang umumnya terdapat di dalam memori gadget.

Baca juga:

Awas, Laman Facebook Palsu Banyak Gentayangan!

Fitur Anti-Theft pada Kaspersky Internet Security hanyalah salah satu tool untuk melindungi data dalam perangkat Anda saat hilang atau dicuri. Anda dapat menggunakannya untuk mengunci gadget dari jauh, mengidentifikasi lokasi gawai, hingga menyalakan alarm agar si pencuri panik atau Anda mudah menemukannya di sekitar.