Technologue.id, Jakarta – Seperti yang sudah-sudah, musim mudik dan libur Lebaran tahun ini mobilitas masyarakat Indonesia ke pelbagai daerah dipastikan tetap tinggi. Mayoritas pemudik pun membutuhkan jaringan yang berkualitas, tak hanya di luar Pulau Jawa.

Di samping mampu meng-cover lebih dari 96 persen jalur jalan raya sepanjang Pulau Jawa serta 97 persen sepanjang tol dan 90 persen jalur kereta api dari Jakarta-Surabaya, XL Axiata juga telah mencoba memanjakan memanjakan pelanggannya di luar pulau terpadat itu.

Baca juga:

Lebih Cepat, XL Axiata Rampungkan Refarming 2,1 GHz

Dari penjelasannya pada redaksi (05/06/2018), sinyal 4G LTE XL kini bisa dinikmati masyarakat di 94 persen area di sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66 persen area jalur mudik di Kalimantan. Dengan demikian, perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi tahun 1996 silam itu berharap masyarakat, terutama pelanggannya, tetap mendapatkan hak layanan akses digital yang baik selama pulang kampung dan libur panjang Idul Fitri 2018.

- Advertisement -

Baca juga:

Punya 100 Ribu BTS, XL Axiata Fasilitasi Warga dari Pulau Weh Sampai Jayapura

“Untuk Lebaran tahun ini, kami sudah berkomitmen untuk bisa menyajikan tiga hal dalam pada layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman. Hal ini sekaligus merupakan bagian dari rencana besar pembangun jaringan data berkualitas yang telah berjalan selama ini,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Baca juga:

XL Axiata Jaring 3.000 Pelanggan Baru di Daerah Susah Sinyal

Lebih lanjut dijelaskan oleh Yessie, hal ini lebih kurang adalah efek dari program semacam ditambahkannya 8.500 BTS baru sebelum Lebaran 2018. XL juga sudah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G yang saat ini tersedia di sekitar 100 kota.