5 E-commerce yang Sediakan Pembayaran COD

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Selain bank transfer, salah satu metode pembayaran yang masih diminati oleh konsumen e-commerce adalah bayar di tempat alias COD.

Cash On Delivery (COD) adalah metode pembayaran secara tunai dan langsung dari pembeli kepada kurir ketika pesanan diterima. Metode pembayaran cash on delivery ini menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman, aman dan mudah.

Di Indonesia, hal yang membuat layanan ini sangat digandrungi adalah belum semua lapisan masyarakat memiliki rekening bank, kartu kredit, atau e-wallet untuk transaksi pembayaran. Selain itu, cara ini juga dinilai lebih mudah dan memastikan kepuasaan ketika bertransaksi.

Baca Juga:
Viral Ibu-ibu Ngamuk Diputar Balik, Berakhir Minta Maaf

Berbagai e-commerce juga menyediakan metode pembayaran COD untuk meningkatkan popularitasnya. Biasanya ini dilakukan dengan kerja sama penyedia jasa logistik dengan batasan minimal jumlah barang atau transaksi. Karena itu, ketika pembayaran tidak dilakukan oleh pembeli maka kemudian barang bisa dikembalikan.

Ada sejumlah e-commerce di Indonesia yang bisa kita manfaatkan fitur COD-nya antara lain:

Lazada

Salah satu marketplace terbesar dan terlengkap di Indonesia ini sudah cukup lama menyediakan fitur COD. Tidak ada batas minimal namun maksimal nilai transaksinya hanya Rp5 juta. Anda bahkan bisa mengunakannya tanpa tambahan biaya apapun karena Lazada menyediakan kurir sendiri. Hanya saja tidak semua produk dan daerah bisa dijangkau sistem ini.

Bukalapak

Startup lokal ini juga tak kalah menyediakan layanan COD meskipun tidak diberlakukan sejak awal pendiriannya. Cara ini kerap dipilih oleh user Bukalapak yang tidak memiliki akses transfer dana atau uang elektronik lainnya. Konsumen cukup belanja seperti biasa di aplikasi Mitra Bukalapak.

Nanti saat masuk ke pembayaran, pilih metode pengiriman sebagai “Bayar Tunai”, lalu klik “Bayar”. Nanti barang yang konsumen pesan akan langsung diantarkan ke tujuan dan bisa langsung bayar ke kurirnya dengan uang cash.

Tokopedia

Tokopedia termasuk e-commerce besar yang telat meluncurkan sistem bayar di tempat ini. Layanan COD baru diluncurkan pada Juli 2019 dengan kerja sama jasa kirim SiCepat. Fitur Bayar di Tempat ini baru bisa dilakukan di 24 provinsi dan 63 kota dengan maksimal transaksi tiap barang Rp1 juta. Sistem ini juga terbatas pada pengguna baru yang belum pernh bertransaksi di marketplace dan official store di Tokopedia.

Shopee

Aplikasi favorit cewek dan para ibu ini menyediakan pembayaran COD pada akhir 2018 lalu. Sistem ini diwujudkan dengan kerja sama jasa pengiriman dari J&T dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa memilih sistem COD dengan belanja minimal Rp50.000 sampai Rp3 juta dan akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1,5% dari total belanja.

JD.ID

JD.ID menjadi salah satu marketplace yang paling dikenal dengan fitur bayar di tempatnya. Disediakan kurir khusus untuk pengantaran ini, dan tersebar di 700 kota seluruh Indonesia.

Tidak ada nominal tertentu yang disyaratkan untuk mendapatkan layanan COD dari aplikasi berlogo merah ini. Pembayaran yang dilakukan bahkan bisa dilakukan dengan tunai maupun debet. Pembayaran debet melalui mesin EDC maksimal senilai Rp200 juta.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories