Technologue.id, Jakarta – Juni lalu, Facebook sudah mencatatkan rekor dalam buku sejarahnya sendiri. Setelah 13 tahun beroperasi, akhirnya mereka punya pengguna bulanan sebanyak 2 miliar. Inilah standar tertinggi basis user baru di industri media sosial global.

Baca juga:

Ini Dia Superzoom, Fitur Baru Instagram Buat Bikin Stories yang Lebih “Wow”!

Dalam laporan pendapatannya di kuartal ketiga 2017, Facebook kembali menegaskan prestasinya itu. Perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg itu menyatakan rata-rata pengguna aktif bulanan mereka mencapai 2,07 miliar per 30 September 2017. Naik daripada kuartal sebelumnya yang masih 2,01 miliar.

Dari 2,07 miliar itu, yang setiap harinya mengakses medsos bertemakan warna biru itu ada 1,37 miliar orang. Jumlah itu naik 16 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca juga:

Ini Trik Beriklan di Instagram, Siap-siap Bisnis UKM Anda Makin Besar!

Lantas, bagaimana dengan platform Facebook Inc. lain yang sedang naik daun, Instagram? Kepada redaksi (02/11/17), Facebook menjelaskan pula daily active user (DAU) medsos yang diakuisisinya pada 2012 silam, yaitu 500 juta. Kalau dibandingkan dengan perusahaan induk mereka, memang belum sampai setengah. Namun setidaknya, Instagram sudah menunjukkan performa pertumbuhan user yang apik dan konsisten.

September lalu Instagram tercatat telah dipakai 800 juta orang sedunia. Platform video dan photo sharing itu, menariknya, tak butuh waktu hingga lima bulan untuk menambahkan 100 juta user anyar, karena pada April 2017 mereka telah menggaet 700 DAU.

Baca juga:

Sahih, Orang Jakarta Jagonya Instagram Stories Sedunia!

Melihat pertumbuhan jumlah pengguna yang stabil ini, Instagram sempat melontarkan prediksi kalau di tahun depan basis penggunanya sudah mencapai miliaran. Bahkan, mereka sudah mentargetkan menggaet 1 miliar orang pada pertengahan tahun 2018 mendatang. Bisakah?