Ada Berapa Jumlah Perangkat Android di Dunia?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Seiring dengan terus bertambahnya usia sistem operasi Android di pasar smartphone dunia, jumlah pengguna Android juga kian bertambah.

Dilansir dari GizChina (19/5/2021), Google mengklaim bahwa jumlah perangkat aktif dengan sistem operasi Android kini menembus lebih dari 3 miliar per bulan. Hal tersebut diutarakan pihak Google dalam konferensi tahunan Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, Mountain View, Amerika Serikat.

Baca Juga:
Google Photos Punya Fitur Brankas

Google VP of Android Product Management dan Play Market, Sameer Samat, mengungkapkan dibandingkan tahun 2019, jumlah perangkat Android aktif kini telah meningkat 500 juta. Google mengumumkan bahwa mereka telah melewati angka 2 miliar perangkat aktif pada tahun 2017.

Perlu dicatat bahwa statistik ini berdasarkan data dari platform Play Store. Artinya, penghitungan ini mengecualikan perangkat yang menggunakan toko konten digital pihak ketiga, serta banyak perangkat Android di China yang memilih untuk tidak menggunakan layanan dan aplikasi Google. Sehingga kemungkinan besar sebenarnya ada lebih banyak perangkat Android yang digunakan di seluruh dunia daripada yang diumumkan selama presentasi Google.

Kendati demikian, Sama juga tak menyebutkan Android versi apa saja yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna.

Namun jika klaim ini benar adanya, angka tersebut sudah melampaui jumlah pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS. Pada Januari lalu, Apple sempat mengklaim bahwa jumlah perangkat aktif iOS seluruhnya mencapai angka 1 miliar.

Baca Juga:
Bocoran Google Pixel 6, Punya Desain Aneh

Samat juga meyakini bahwa angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan diperkenalkannya Android 12 tahun ini. Apalagi, Android 12 akan membawa serangkaian fitur baru yang relevan dengan perkembangan teknologi smartphone saat ini.

“Android 12 hadir dengan fitur baru untuk membantu pengguna bekerja dari rumah, berbelanja, dan berbuat lebih banyak demi melindungi data pribadi mereka,” kata Google dalam pernyataan resminya.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories