Ada Bug, Ponsel Samsung Kirim SMS Foto Tanpa Disadari Pengguna

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pengguna smartphone Samsung sedang dijangkiti sebuah bug atau celah pemrograman. Berbeda dari bug lainnya, bug kali ini terbilang aneh karena bisa mengirim pesan teks berisikan foto pengguna yang ada di Gallery ke kontak pengguna secara random (acak). Tentu saja hal ini terjadi tanpa sepengetahuan pengguna, terutama pemilik Galaxy Note 8 dan Galaxy S9.

Keluhan para pengguna smartphone model high-end tersebut mengisi forum online resmi Samsung dan Reddit. Menurut laporan pengguna, masalahnya berasal dari Samsung Messages – aplikasi SMS default pada perangkat Galaxy. Salah seorang pengguna mengaku bug aneh itu tak cuma mengirim satu foto, melainkan semua foto di galerinya ke seorang kontak yang tak lain adalah teman dekatnya sendiri. Bukan kepada penerima yang lebih sensitif seperti mitra bisnis atau bos. Insiden ini sangat meresahkan para korban, mengingat mungkin saja ada foto-foto yang bersifat sangat personal.

Parahnya, foto-foto itu terkirim otomatis, tanpa meninggalkan jejak di ponsel pengguna (pengirim). Alhasil, penerima yang harus melapor ke pengguna agar insiden ini diketahui.

Baca juga:

Samsung Galaxy Note 9 Hadir Awal Agustus 2018?

Para pengguna mengira, bug ini disebabkan interaksi antara Samsung Messages dengan pembaruan profil rich communication services (RCS) dengan operator telekomunikasi AS, T-Mobile. Tujuan RCS itu untuk meningkatkan protokol SMS dengan pembaruan fitur-fitur, seperti media-sharing, indikator pengetikan, dan pengalaman menerima pesan yang lebih baik.

Namun tudingan ini pun ditepis oleh T-Mobile. “Ini bukan masalah T-Mobile,” begitu bunyi tanggapannya.

Baca juga:

Samsung Galaxy S10 Bakal Tiru Karya Huawei?

Pihak Samsung sendiri telah angkat bicara perihal insiden yang menimpa segelintir penggunanya. Meski belum bisa memberikan jawaban pasti, sang pabrikan Korea Selatan itu mengaku tengah menyelidiki masalah ini. “Kami mengetahui laporan tentang masalah ini dan tim teknis kami sedang menyelidikinya. Pelanggan yang mengalami masalah ini bisa menghubungi kami secara langsung di 1-800-SAMSUNG,” ucap juru bicara perusahaan, sebagaimana dihimpun dari Gizmodo.com (03/07/2018).

Sementara itu, bagi pengguna Samsung yang khawatir bila nanti ponsel mereka ikut terjangkiti bug ini, ada dua solusi utama yang bisa dipertimbangkan. Yang pertama adalah masuk ke pengaturan aplikasi ponsel Anda dan non-aktifkan kemampuan Samsung Message untuk mengakses penyimpanan. Ini akan mencegah Message mengirim foto atau apa pun yang disimpan di perangkat Anda, baik Anda menginginkannya atau tidak.

Baca juga:

Samsung Galaxy Note 9 Rilis 9 Agustus? Bocorannya?

Lalu, opsi lainnya adalah beralih ke aplikasi SMS yang berbeda seperti Android Messages atau Textra, yang tampaknya tidak dipengaruhi oleh bug apa pun yang ditemui pada aplikasi SMS Samsung.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories