Technologue.id, Jakarta – Agustus lalu, Oppo secara resmi memboyong seri F9 ke Indonesia. Gadget 6,3 inci itu menawarkan kamera selfie 25MP dengan bukaan f/2.0, di samping kamera ganda 16MP (f/1.8) + 2MP (f/2.4) pada bagian belakang, opsi RAM hingga 6GB, memori internal 64GB, NFC, sensor pemindai sidik jari di punggung, serta pengisian baterai cepat VOOC Flash Charge.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Vivo V11 Pro vs Oppo F9

Spesifikasi gadget seperti ini sepertinya dianggap lebih dari sekadar mumpuni untuk digunakan sebagai “senjata” mengelola akun Instagram resmi Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dalam sebuah posting kunjungan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ke proyek MRT, Selasa (06/11/2018), tampak kalau foto-foto kunjungan tersebut dipotret menggunakan perangkat Oppo F9. Sebab, terdapat jelas watermark “Shot on Oppo F9” di bagian bawah foto-foto itu, walaupun terpotong sebagian.

Baca juga:

- Advertisement -

Oppo F9 Kemas Satu Fitur Penting Selevel Ponsel High-end

Foto-foto itu sejatinya tampak bagus, walaupun filter kamera yang aktif membuat tone kulit orang nomor satu di DKI Jakarta itu kurang natural. Tampak, wajah Anies Baswedan cenderung kemerahan atau bersemu.

Admin Dishub DKI Jakarta Pakai Oppo F9, Muka Anies Baswedan Jadi Begini
Foto di akun resmi Instagram dishubdkijakarta yang diambil menggunakan Oppo F9 (Instagram / dishubdkijakarta)

Di sisi lain, pihak Oppo mengapresiasi foto-foto ber-watermark F9 yang diunggah oleh akun @dishubdkijakarta tersebut. Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, mengunggah foto itu di akun Facebook pribadinya sambil menambahkan komentar dan membubuhinya dengan emoji kiss, “Pantas… foto mimin Dishub kinclong-kinclong kalau di-upload.”

Baca juga:

Ikuti Tren Warna, Oppo F9 Persembahkan Varian Starry Purple

Admin Dishub DKI Jakarta Pakai Oppo F9, Muka Anies Baswedan Jadi Begini
Komentar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, terkait foto dishubdkijakarta yang memakai Oppo F9 (Denny Mahardy / Technologue.id)

Menampilkan nama brand yang tidak terafiliasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, memang kurang patut. Namun, ini bukan kesalahan fatal oleh admin @dishubdkijakarta. Setidaknya, admin @dishubdkijakarta tidak sampai salah akun seperti yang pernah dilakukan pengelola akun resmi Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu.

16 Mei 2018, akun Twitter @jokowi tiba-tiba mengutip tweet @Bebyyers, yang merupakan akun fanbase salah satu member JKT48 bernama Beby Chaesara. Diduga, admin akun Twitter Presiden Jokowi sempat menonton pertunjukan JKT48 belum lama ini dan mencurahkan perasaannya di akun yang tidak tepat.