Technologue.id, Jakarta – Rabu (16/05/2018) malam, warga Twitter gempar membahas Presiden Joko Widodo. Sebagai orang nomor satu di republik ini, sebenarnya bukan kali pertama nama mantan Walikota Solo itu jadi perbincangan. Namun kali ini, temanya bukan kebijakan atau prestasi Presiden Jokowi, melainkan cuitannya yang kontroversial.

Pukul 15.24, akun @jokowi tiba-tiba mengirimkan tweet yang sangat berbeda dari cuitan lain sang presiden, yaitu tentang idol group JKT48. Mengutip tweet @Bebyyers, yang merupakan akun fanbase salah satu member JKT48 bernama Beby Chaesara, Jokowi mendadak bercuit dengan sangat-sangat tidak formal, bahkan mirip remaja kekinian yang jadi fans JKT48.

Baca juga:

Twitter Minta Anda Ganti Password Sekarang Juga, Ada Apa?

“Wuooohh mantab! Jadi teringat deg2annya di momen Senbatsu Uza pekan lalu,” cuit akun @jokowi.

Admin Twitter Presiden Jokowi Tak Awas, Ini Akibatnya
Screenshot cuitan akun Presiden Jokowi tentang JKT48 yang diklaim karena kesalahan adminnya (source: istimewa)

Dari penelusuran redaksi dari pelbagai sumber, yang dimaksud “Senbatsu Uza” dalam tweet itu berkaitan dengan single terbaru JKT48. Lagu baru itu bertajuk “Uza”, sedangkan “Senbatsu” adalah sebutan untuk member JKT48 yang menyanyikan lagu itu. Diduga, admin akun Twitter Presiden Jokowi sempat menonton pertunjukan JKT48 belum lama ini.

Baca juga:

Terungkap, Twitter Jual Akses Data User ke Pentolan Cambridge Analytica

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia pun langsung bereaksi. Selain menghapus tweet yang bermula dari ketidakwaspadaan admin pengelola akun @jokowi itu, Setneg juga memberikan sanksi berupa pemberhentian admin dan penanganan internal untuk mencegah hal yang sama kembali terulang.

“Sebagaimana disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Setpres, Bey Machmudin dalam klarifikasinya, hal ini telah ditelusuri dan ditemukan permasalahan di salah satu admin pengelola. Yang bersangkutan kini sudah dibebastugaskan,” jelas Setneg dalam keterangan resminya (16/05/2018).

Baca juga:

Akhirnya, Twitter Raih Untung untuk Pertama Kalinya

Presiden Jokowi sendiri sejatinya menyukai musik, tetapi genre-nya rock atau metal. Ia menyukai band-band seperti Queen, Led Zeppelin, Megadeth, sampai Lamb of God. Namun, ia secara terbuka belum pernah mengungkapkan ketertarikan dengan JKT48.