Technologie.id, Jakarta – Fitur chat PlayStation Network besutan Sony dilaporkan menjadi media untuk menjual narkoba. Biro investigasi federal Amerika Serikat (FBI) mengeluarkan surat perintah yang meminta Sony memberikan informasi seorang pengguna PS4 yang menyalahgunakan PlayStation Network untuk menjual kokain.

Baca Juga:
PlayStation 5 Lebih Irit Baterai dan Ramah Lingkungan?

Dikutip dari Ubergizmo pada Senin (9/22/2029), FBI mendapat informasi dari seorang informan yang mengawasi peredaran narkoba di Amerika Serikat. Setelah mendapat informasi itu, FBI melayangkan surat perintah dan bekerja sama dengan Sony dan berhasil menangkap basah tersangka dengan sebuah skema jebakan.

Transaksi jebakan tersebut dilakukan oleh tim FBI yang memesan 100 gram kokain dengan menggunakan fitur audio chat dan layanan pesan yang ada di platform PlayStation Network.

Baca Juga:
MyRepublic Hadirkan Paket Bundling PlayStation Mulai dari 100 Mbps

Terkait kasus tersebut, Sony belum berkomentar. Kasus ini bukanlah yang pertama dalam penyalahgunaan fitur PlayStation Network. Sebelumnya pada tahun 2017, dikabarkan Gamer bernama Isse Aweis Mohamud dicurigai melakukan komunikasi dengan ISIS.

Jaringan game seperti ini terbilang unik dan dinilai jauh dari jangkauan penegak hukum dibanding layanan pengiriman pesan seperti WhatsApp atau Telegram.