Technologue.id, Jakarta – Meskipun industri komputer beberapa waktu lalu diramalkan akan memasuki senjakala tak menyurutkan langkah AMD memberi dukungan bagi pengguna komputer. Perusahaan itu secara resmi meluncurkan produk terbarunya, Ryzen Mobile ke pengguna komputer di Indonesia.

Ryzen Mobile sendiri diklaim sebagai prosesor laptop ultrathin terkencang di dunia. Ada dua prosesor yang baru saja diluncurkan AMD yang dinamai Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Kelebihannya ada di inovasi AMD yang berhasil memadukan core Zen dan chip grafis Radeon Vega.

Baca juga : AMD Indonesia Pertama Kalinya Gelar Turnamen Game Pakai Ryzen

Paduan tersebut membuat Ryzen Mobile digadang-gadang memiliki performa 44% lebih baik dibandingkan pesaingnya. Sedangkan performa grafis Ryzen Mobile disebut bakalan mampu menyajikan performa grafis yang mengalami peningkatan hingga 161%.

- Advertisement -

Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U bertumpu pada teknologi quad core, namun dengan delapan thread. Artinya, sistem akan mengenali seakan-akan kedua prosesor memiliki delapan core. Sedangkan kecepatan clock-nya berada di angka 3,8 Ghz untuk Ryzen 7 2700U, dan mencapai 3,6 GHz untuk Ryzen 5 2500U.

Baca juga : Tawarkan Ryzen Pro, AMD Janjikan Keamanan Komputasi Korporat

Tak hanya itu, chip grafis yang tertanam di dalamnya juga menjadi pembeda dari kedua produk AMD tersebut. Radeon Vega yang tertanam di Ryzen 7 2700U dibekali compute graphics (Cu) units sebanyak 10 dengan clock sebesar 1,3 GHz. Ryzen 5 2500U dengan chip grafis bertenaga CU units sebanyak 8 dan kecepatan clock 1,1 GHz.

Meskipun punya banyak fitur, daya kedua prosesor anyar AMD itu diklaim ramah listrik. Perusahaan pembuatnya menjanjikan baik Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U hanya membutuhkan daya konsumsi untuk operasional tidak sampai 15 watt.

Baca juga : Asus Perkenalkan Laptop Pertama yang Pakai Prosesor AMD Ryzen

Keunggulan lain yang ditawarkan prosesor ini bisa membuat desain laptop yang menggunakannya memiliki desain yang makin tipis karena implementasi system-on-chip (SoC). Kategori perangkat yang menggunakannya bukan cuma laptop produktivitas tapi juga casual gaming.

“Agar memperkuat posisi AMD di pasar PC, kami antusias mengumumkan kehadiran prosesor Ryzen Mobile. Jajaran prosesor baru ini akan memberikan performa terdepan pada perangkat PC mobile dan ultrathin,” klaim Peter Chambers, AMD Consumer Sales Director APJ di Jakarta.

Baca juga : AMD Umumkan GPU Flagship Terbaru Mereka, Radeon Vega Frontier

Walaupun baru diperkenalkan, prosesor AMD ini sudah memikat para pembuat perangkat gadget. Di acara peluncuran Ryzen Mobile, sejumah produsen laptop sudah menyatakan komitmen dukungannya terhadap Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U.

Brand pembuat laptop populer seperti Lenovo, HP dan Dell mengaku akan ikut mendukung produk Ryzen Mobile AMD lewat rangkaian produk laptop ultrathin bertenaga Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Bagi penggila game, Asus berjanji akan ikut mengadopsi Ryzen Mobile di seri laptop gaming Republik of Gamer (RoG).