Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
AMD Ryzen AI Mobile Dorong Kinerja Aplikasi AI Lokal di PC
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - AMD, produsen prosesor baru-baru ini memperkenalkan beberapa model prosesor berkinerja tinggi dan mendorong akselerasi aplikasi AI yang berjalan secara lokal di PC atau laptop.

Perusahaan hari ini, Selasa (11/6/2024) mengungkap beberapa lini produk seperti AMD Ryzen PRO 8000 Series, AMD Ryzen PRO 8040 Series dan AMD EPYC 4004 Series.

Untuk para profesional bisnis di desktop, prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series menghadirkan mesin AI khusus untuk meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi AI. Didukung 8 core “Zen 4” pada proses 4nm, Ryzen PRO 8000 Series mendorong kecepatan dan efisiensi daya dalam operasi bisnis sehari-hari.

Alva Jonathan, Hardware Technology Reviewer/Professional Overclocker mengatakan bahwa dalam prosesor terbaru AMD ini memiliki NPU yang mempercepat beban kerja aplikasi AI, sekaligus mengurangi konsumsi daya baterai.

Baca Juga:
AMD Ryzen PRO 7040 Series Dorong Laptop Windows 11 dengan Mesin AI

"NPU (memiliki) tugas kompleks untuk mengerjakan pekerjaan AI," kata Alva. Ia pun mendemonstrasikan perbedaan workload ketika memakai komputasi awan (online) dan NPU di laptop.

Dengan NPU, kecepatan mesin menghasilkan teks atau gambar dinilai lebih cepat dibandingkan kemampuan mesin yang berjalan di server cloud. Dalam pengujian dengan Stable Diffusion, GPU (RDNA 3) dari AMD bisa bekerja secara optimal dengan akselerasi NPU menghasilkan gambar generatif AI dengan waktu sekitar 43,8 detik.

Melalui keterangan resmi, AMD mengklaim desktop bisnis yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen 7 PRO 8700G memberikan peningkatan kinerja hingga 47% dan kinerja grafis 3x lebih baik dalam pengujian tertentu dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 14700.

Desktop yang dilengkapi prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series mendukung DDR5 dan PCIe 4 untuk transfer data cepat, mendukung alur kerja lebih lancar, dan akses lebih cepat ke aplikasi dan data penting bisnis, serta konektivitas Wi-Fi 7.

Prosesor Desktop Ryzen PRO 8000 Series baru telah tersedia dari mitra OEM seperti HP dan Lenovo, serta mitra terpilih mulai Q2 2024.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya

Visi Barcode Gokart Hadirkan Bibit-bibit Pembalap Formula 1