Technologue.id, Jakarta – Hingga saat ini, setiap tahunnya Google masih rajin dan konsisten untuk bisa memperbaharui sistem operasi mobilenya, Android. Tahun 2020 ini, Android pun memasuki versi 11. Apa saja fitur barunya?

Mengutip dari GSMArena (19/02/20), Google dikabarkan sudah merilis Android 11 versi Developer Preview 1. Meski masih jauh dari kesempurnaan, setidaknya sejumlah developer sudah bisa membocorkan apa saja fitur terbaru yang ada di dalam sistem operasi tersebut.

Baca Juga:
Android 10 untuk Samsung Galaxy A30 Sudah Tersedia

Salah satu fitur utama yang coba dikembangkan oleh Google pada Android 11 adalah dukungan penuh pada konektivitas 5G. Meski sejatinya Android 10 sudah bisa menangkap sinyal 5G, kali ini mereka memperbaharui Application Programming Interface (API) yang memungkinkan para developer untuk meningkatkan kecepatan dan menekan waktu latensi dari konektivitas 5G.

Fitur lainnya, Android 11 mendukung model layar baru seperti berponi pada sisi atas maupun memiliki lengkungan pada sisi kiri dan kanannya. Selama ini, layar smartphone seperti itu hanya mendapatkan dukungan dari masing-masing vendor. Namun kini, tersedianya API global dari Google bakal memungkinkan semua orang bisa memanfaatkan layar tersebut dengan fungsionalitas yang lebih banyak.

Baca Juga:
Smartphone Android Dinyatakan Lebih Sulit Dibobol Ketimbang iPhone

Di sisi lain, pada Android 11, Google juga mengembalikan fitur screen recording yang sebelumnya sempat dihilangkan pada Android 10. Dan fitur itu bakal bisa diakses melalui Quick Settings. Tak ketinggalan, dark mode juga ikut disempurnakan dengan menyesuaikan waktu. Contohnya, pada saat siang, dark mode akan dinonaktifkan dan akan kembali aktif pada saat malam tiba.