Technologue.id, Jakarta – Tak cuma vendor smartphone yang berlomba-lomba untuk bisa menciptakan tren smartphone dengan layar yang bisa dilipat, di sisi lain Google sebagai pembuat sistem operasi Android pun ikut mendukung tren tersebut.

Mengutip dari TheVerge (03/04/19), baru-baru ini Google untuk kedua kalinya merilis sistem operasi Android Q versi developer preview. Sistem operasi yang sudah mulai dibagikan untuk para pengguna smartphone Google Pixel tersebut pun tampak memiliki fitur untuk mengakomodir desain smartphone masa kini yang layarnya bisa dilipat.

Baca Juga:
Inikah Fitur Baru Android Q?

Dari gambar di yang publikasikan melalui blog Android Developers, terlihat bahwa Android Q sudah mendukung keberadaan dua buah layar yang terpisah pada satu smartphone. Dan hal tersebut dilakukan melalui emulator yang biasanya digunakan oleh para developer.

- Advertisement -

Agar bisa semakin terlihat nyata, emulator tersebut pun dibuat dengan dua konfigurasi layar, yakni 7,3 inci yang dilipat menjadi 4,6 inci dan layar 8 inci yang dilipat menjadi 6,6 inci. Kedua konfigurasi tersebut sendiri digunakan oleh Samsung dan Huawei untuk smartphone layar lipatnya, Galaxy Fold dan Mate X.

Baca Juga:
Xiaomi Pastikan Pocophone F1 Dapat Android Pie, Kalau Android Q?

Sayangnya, sampai saat ini Google belum mengumumkan kapan mereka bakal merilis versi finalnya. Jika mengingat siklus tahunan yang biasa dilakukan oleh Google, kemungkinan Android Q versi final bakal mulai dirilis pada pertengahan atau akhir tahun ini.