Technologue.id, Jakarta – Smartphone dengan teknologi satu atau dua kamera akan menjadi old-school bila melihat tren kamera ponsel ke depannya. Ponsel empat kamera akan menjadi tren selanjutnya dan menjadi populer di tahun ini dan juga tahun depan. Diprediksi ponsel-ponsel tersebut bakal membanjiri pasar tahun 2019. Salah contohnya, Huawei menghadirkan ponsel empat kamera di P20 Pro – tiga di belakang dan satu kamera selfie.

Ingin lebih unggul ketimbang vendor lain, LG dilaporkan akan merilis hingga total lima buah kamera pada generasi seri V40 mendatang. Tiga kamera akan berada di belakang, sedangkan dua unit bertengger di depan (front-facing), sesuai yang dilaporkan AndroidPolice.com (26/06/2018).

Baca juga:

iPhone 2019 Akan Warisi Kelebihan iPhone X, yang Mana?

Kamera yang menghadap ke depan akan bertugas untuk fitur penguncian wajah (face unlock). Kedua kamera tersebut akan dibenamkan solusi pemetaan wajah 3D. Kalau LG V40 mengusung kamera depan ganda, bukan berarti mereka yang menjadi pertama. Sudah ada lebih dulu HTC U12 Plus menjadi pionir kamera ganda pada kamera depannya.

- Advertisement -

Mengintip bagian belakang, dua dari sensor kamera akan memiliki lensa ultra-wide andalan perusahaan. Sedangkan fungsi kamera ketiga masih menjadi sedikit misteri. Entah akan menjadi lensa zooming, atau hanya satu yang didedikasikan untuk kedalaman ruang (depth of field/DOF). Fitur DOF bertujuan menghasilkan variasi ketajaman/fokus pada foto yang dihasilkan.

Terlepas dari banyaknya kamera, belum diketahui bagaimana kualitas gambar seluruh kamera tersebut. Namun melihat nama besar LG, setidaknya cukup aman berharap bukan kualitas abal-abal yang bakal dihadirkan pada V40.

Baca juga:

Pria yang Bikin LG Jadi Perusahaan Teknologi Besar Berpulang

Besar kans, LG V40 akan menjadi smartphone pertama yang menjejalkan paling banyak sensor dalam satu perangkat. Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa model dengan total empat kamera – dengan kombinasi dua di belakang dan dua di depan. Bedanya, Huawei P20 Pro mempunyai 3 kamera belakang namun hanya 1 kamera depan.

Sayangnya, belum banyak informasi yang bisa digali tentang LG V40. Sedikit informasi, smartphone ini disinyalir lahir dengan ukuran layaknya G7 ThinQ serta menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 845.

Baca juga:

AI Bisa Sulap Video Biasa Menjadi Karya Slow-motion Keren

LG V40 sendiri diperkirakan akan diperkenalkan sekitar akhir musim panas atau awal musim gugur. Maka diasumsikan handset baru tersebut akan muncul pada ajang IFA 2018 pada 31 Agustus, yang merupakan saat yang sama dengan V30 dahulu diperkenalkan.