Technologue.id, Jakarta – Apple punya komitmen besar di tahun 2019, yaitu mentransisikan layar iPhone dari LCD ke Organic Light Emitting Diode (OLED). Hal tersebut sudah mereka mulai dengan iPhone X yang rilis tahun lalu dan di tahun ini, akan ada lebih banyak iPhone yang mengikuti jejak itu.

ETnews.com (28/05/2018) mewartakan informasi dari orang dalam Apple yang identitasnya dirahasiakan kalau tiga iPhone yang dijadwalkan rilis tahun ini bakal mengadopsi OLED. Praktis, iPhone 2019 akan berfitur sama dengan iPhone X pada bagian tipe layarnya.

Baca juga:

Ini Bocoran Wujud iPhone SE2, Ada Headphone Jack dan Wireless Charging?

Ada beberapa motif yang diduga melatarbelakangi transisi iPhone dari LCD ke OLED. Pertama, adalah untuk mendongkrak penjualan Apple dengan inovasi baru. Selain itu, panel OLED menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan smartphone memakai layar lengkung.

- Advertisement -

Untuk saat ini, Apple masih bermitra dengan Japan Display untuk memasok layar LCD iPhone. Namun, Japan Display sudah mulai bersiap mengembangkan teknologi OLED tahun depan. Belum dapat dipastikan apakah iPhone mendatang sudah memakai OLED yang disuplai oleh Japan Display.

Baca juga:

iPhone Bisa Dijadikan Kunci Rahasia?

Pilihan supplier lain yang bisa dipilih oleh Apple adalah Samsung. Meski saling berkompetisi di pasar smartphone global, Samsung adalah penyedia panel OLED untuk iPhone X.

Baca juga:

Walau Harga Selangit, iPhone X Jadi Smartphone Terlaris Sedunia

Akan tetapi, Apple juga dikabarkan telah berinvestasi jutaan dolar ke LG untuk mengembangkan panel OLED. LG pun diisukan sebagai kandidat kuat penyuplai layar iPhone X Plus yang disinyalir rilis tahun ini.